Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Coba Bahan Kosmetik yang Berasal dari Dapur

Kompas.com - 08/10/2013, 13:12 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Seringkali kita membeli berbagai produk kosmetik mahal yang tidak kita ketahui apa isinya. Jika Anda ingin mencari bahan perawatan kulit alami, sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari dapur sendiri.

1. Bubuk kopi
Bila Anda malas merogoh kocek untuk membeli krim mahal tapi ingin memiliki kulit mulus, mengapa tak menggunakan bubuk kopi di rak dapur. Tahukah Anda bahwa bahan aktif dalam produk krim antiselulit sebenarnya adalah kafein.

Pilihlah bubuk kopi yang kasar. Simpan dalam wadah tertutup beberapa sendok bubuk kopi dan tambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun. Sebelum mandi, pijat kulit dengan ramuan kopi tadi, terutama di bagian-bagian tubuh yang sering muncul selulit, misalnya paha atau lengan atas. Proses lulur dengan bubuk kopi ini akan menghaluskan kulit dan kandungan kafeinnya membantu melancarkan sirkulasi darah.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang sempurna. Dalam jumlah sedikit, minyak ini bisa dipakai sebagai body lotion atau pelembab bibir. Untuk mencegah stretch mark selama kehamilan, usapkan minyak kelapa di perut di awal kehamilan. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai lotion sebelum bercukur.

Untuk menggunakannya, tuang sedikit minyak kelapa di telapak tangan, gosok perlahan sampai hangat dan lembut baru oleskan ke kulit atau bibir. Jika kulit wajah Anda cenderung berminyak, hindari menggunakan minyak kelapa karena malah akan menyumbat pori.

3. Minyak zaitun
Jika kulit Anda termasuk sensitif, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti pembersih makeup, terutama di bawah mata. Anda bisa menggunakan minyak zaitun langsung ke kulit kemudian menghapusnya dengan kain lembab, atau menaruhnya di kapas baru memakinya ke kulit.

Seperti halnya krim penghapus makeup, minyak zaitun juga hanya boleh dipakai secara topikal (olesan) ke kulit wajah. Hindari jangan sampai terkena mata.

4. Asam cuka
Untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala, manfaatkan asam cuka apel yang akan menjaga rambut lembut dan bersinar. Cairan juga menjaga keseimbangan pH di kulit kepala.

Campurkan setengah sendok teh asam cuka apel dengan satu mangkuk air. Kemudian gunakan setelah keramas seperti halnya memakai conditioner. Kemudian bilas dengan air bersih, atau diamkan saja sampai kering. Jika kondisi rambut sangat berminyak, gunakan asam cuka apel beberapa kali dalam seminggu.

5. Aspirin
Obat yang diketahui memiliki banyak khasiat ini ternyata juga baik untuk kulit. Kandungan asam salisilat dalam aspirin bisa menjadi obat bagi jerawat dan bisa mengurangi bengkak dan merah.

Untuk menggunakannya, ambil dua atau tiga tablet aspirin di gelas dengan sedikit air untuk menghancurkan. Setelah lembut, gunakan jari atau sendok kecil untuk mengaduk aspirin sampai menjadi pasta. Lalu gunakan langsung di kulit yang berjerawat. Gunakan semalaman dan bilas dengan air esok pagi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com