Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2013, 09:32 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Parenting


KOMPAS.com -
Tidur yang berkualitas merupakan prasyarat penting bagi kesehatan bayi. Para ahli juga mengungkapkan bahwa tidur akan merangsang tumbuh kembang otak bayi. Karena itu orangtua harus memastikan kebutuhan tidur bayi terpenuhi.

Tetapi kebanyakan bayi memang belum memiliki jadwal tidur yang konsisten karena mereka belum mengetahui perbedaan waktu siang dan malam. Kondisi ini kerap membuat orangtua kelelahan karena harus menemani si kecil yang justru terjaga di malam hari dan tidur nyenyak saat siang.

Meski begitu bayi pun dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Anda bisa mengatur pola tidur bayi agar ia bisa menyesuaikan diri kapan waktu tidur dan kapan harus bangun.

- Buat jadwal konsisten.

Metode ini dapat dimulai dengan mengurangi aktivitas di malam hari dan membuat lingkungan menjadi tenang. Redupkan lampu di kamar, menyetel musik-musik lembut, atau Anda menyanyikan sendiri lagu yang meninabobokan si kecil. Selalu ulangi jadwal ini setiap malam sehingga anak terbiasa.

- Buat nyaman

Begitu jam tidur menjelang, tempatkan si kecil di keranjangnya dan biarkan ia terlelap. Boleh sesekali menenangkannya saat ia terjaga dan menangis, namun jangan langsung mengangkatnya dari tempat tidur. Ini untuk membiasakan agar dia bisa kembali tidur dengan sendirinya. Metode ini bisa jadi membutuhkan waktu beberapa minggu sebelum si kecil terbiasa dan lelap sepanjang malam.

- Waktu bermain

Di usia beberapa bulan biasanya waktu anak terjaga di siang hari sudah lebih banyak. Gunakan waktu ini untuk mengajaknya bermain sehingga anak mengetahui bahwa siang hari adalah waktu beraktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com