Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Reog, "National Costume" Putri Indonesia di Ajang Miss Universe 2013

Kompas.com - 12/10/2013, 03:55 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Putri Indonesia 2013, Whulandary, akan memakai busana ala pemain reog ponorogo sebagai national costume dalam ajang Miss Universe 2013, yang akan digelar di Crocus Hall, Moskwa, Rusia.

Busana ini dibuat sebagai hasil kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo dengan Solo Batik Fashion. Sebuah bentuk menyerupai kipas besar tersemat di bagian belakang pakaian, dengan hiasan bulu burung merak asli Ponorogo dipadu payet dan kristal Swarovski.

Memberikan kesan tegas laiknya pemain reog, bahan bercorak kulit harimau, diaplikasikan pada rok dan sepatu busana ini. Whulandary juga akan mengenakannya sembari membawa pecut, atribut khas dalam pergelaran reog.

Whulandary mengatakan, sebelumnya ia mendapat tawaran beberapa pilihan busana lain untuk national costume. "(Namun) saya merasa busana bertema reog inilah yang paling cocok dengan jiwa saya," ujarnya, Jumat (11/10/2013).

Ketua Dewan Pembina Yayasan Putri Indonesia (YPI), Putri K Wardani, mengatakan, busana bertema reog dipilih untuk menegaskan kepada dunia bahwa kesenian reog memang kesenian khas Indonesia. "Kami ingin tidak ada lagi negara yang mengklaim reog sebagai miliknya karena kesenian ini memang asli kesenian Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com