Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsing Kembali Setelah Melahirkan Tak Bisa Instan

Kompas.com - 12/10/2013, 11:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber NewsDay

KOMPAS.com — Perubahan besar terjadi pada tubuh perempuan saat hamil dan setelah melahirkan. Meski sudah melahirkan, tubuh tak langsung menyusut seperti semula dengan instan.

"Tak ada cara instan lewat apa pun untuk menurunkan berat badan pascamelahirkan dengan cepat. Semuanya butuh waktu, begitu juga dengan para selebriti Hollywood. Bohong kalau mereka bisa melakukannya dengan cepat," ungkap Tracy Anderson, pelatih fitness para selebriti Hollywood seperti Kim Kardhasian, Jennifer Lopez, dan Gwyneth Paltrow.

Sayangnya, kebanyakan perempuan justru tertipu dengan foto-foto selebriti yang langsing setelah melahirkan. Akibatnya, mereka merasa harus bisa seperti tokoh idolanya. "Anda tidak bisa mempercepat waktu dan proses ini. Buruknya, justru banyak perempuan yang merasa bahwa setelah melahirkan mereka jadi jelek, tubuh tak seksi, dan ingin cepat-cepat diet serta berhenti menyusui karena takut berat badannya bertambah. Ini salah besar," ungkapnya.

Untuk menurunkan berat badan pascamelahirkan, Tracy memberikan beberapa tips-nya yang aman dan alami.

1. Tetap terhubung dengan bayi
Lakukan semua hal yang Anda tahu bahwa ini adalah hal yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda, misalnya saat memilih olahraga. Pastikan olahraga yang dipilih tidak akan membuat Anda terlalu lelah karena bisa merugikan Anda dan juga si bayi.

2. Makan sehat
"Anda pasti menyusui si kecil, maka yang terpenting adalah menjaga asupan gizi dan memastikan ASI Anda sehat untuk bayi. Makan makanan yang sehat," sarannya.

3. Ingat, setiap orang berbeda
Jangan pernah menyamakan tubuh Anda dengan orang lain. Mungkin saja teknik diet ini berhasil untuk si A, tetapi belum tentu cocok untuk Anda. Demikian juga olahraga. Sebaiknya, kenali tubuh terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menerapkan satu pilihan metode diet dan olahraga. "Ingat juga semuanya butuh proses waktu. Lakukan saja yang terbaik yang bisa Anda lakukan, asal tak merugikan Anda dan si kecil," ungkapnya.

4. Konsistensi
Melakukan segala sesuatunya, termasuk diet dan olahraga, itu butuh konsistensi. Anda tak bisa sesukanya saja, percayalah mental seperti ini hanya akan menggagalkan niat.

5. Jangan menyesali kehamilan
Perut yang melar selama hamil adalah hal yang wajar dan alami. Jangan mencaci dan menyesali diri sendiri atas apa yang pernah dilakukan dan dimakan selama hamil. "Hamil bukanlah waktunya untuk diet, dan itu bukan waktunya untuk mendengarkan tubuh untuk menolak makanan. Selama hamil bukan hanya saja Anda yang makan, melainkan juga bayi di dalam perut. Jangan egois," jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NewsDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com