Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2013, 08:33 WIB
D. Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber WomansDay

KOMPAS.com — Niat hati Anda ingin memuji si dia, tetapi ternyata pilihan kata pujian yang Anda lontarkan malah membuatnya jengkel.

"Uuuwh, lesung pipi kamu manis banget, deh," ujar Anda kepada si dia. Namun, bukannya mengucapkan terima kasih atau setidaknya menuturkan pujian yang sama kepada Anda, si dia malah cemberut!

Jangan heran bila pujian tersebut akan membuat si dia tidak nyaman, apalagi bila Anda menyampaikannya di depan teman-teman prianya. Kata "manis", "lucu", dan "cute" memberi kesan kalau si dia tidak cukup maskulin.

Selain itu, pujian tersebut terdengar seperti Anda memperlakukan si dia seperti anak-anak sehingga tujuan ingin memosisikan si dia "lebih" dari teman-temannya malah membuat kondisi runyam dan parahnya bisa menurunkan rasa percaya dirinya.

"Pria lebih suka dipuji dengan kata 'ganteng', 'tampan', dan 'macho'. Sebab, tiga kata tersebut mendefinisikan seorang pria sejati," ujar Carin Goldstein, Marriage and Family Therapist, Founder situs BeTheSmartWife.

Menurut Goldstein, pasangan yang memuji dengan pemilihan kata yang kurang dewasa bisa mengindikasikan ia sedang menghindar dari komitmen yang serius.  

Maka dari itu, lain waktu Anda ingin membuat si dia tersenyum, gunakan kata-kata yang tepat. "Mengatakan bahwa pasangan Anda terlihat handsome, baginya seperti Anda mengucapkan i love you," jelas Goldstein.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WomansDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com