Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tip Memasak : Cara Mengolah Daging Kepiting di Rumah

Kompas.com - 16/10/2013, 10:37 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Biasanya bila urusan memasak seafood, banyak dari Anda yang memilih untuk membelinya di luar. Selain tidak ribet, Anda pun tidak harus menyusahkan diri membersihkan bau amis yang dihasilkan. Padahal, Anda sendiri bisa melakukannya jika tahu cara yang benar.

Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang digemari oleh seluruh keluarga. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah, bila sudah mengetahui cara yang benar untuk memasakannya.

Kepiting biasanya diolah menjadi macam-macam hidangan, atau untuk diambil dagingnya saja. Nah, sebelum Anda merebusnya, masukkan kepiting terlebih dahulu ke dalam freezer selama satu jam agar kepiting lebih mudah ditangani.

Setelah dikeluarkan dari freezer, ikat tubuh kepiting (bila kepiting yang Anda beli dalam keadaan tidak diikat) menggunakan benang atau tali rafia agar capitnya tidak dapat bergerak. Selanjutnya masukan ke dalam panci berisi air yang telah mendidih, masak hingga berubah warna.

Lalu angkat kepiting dari panci, kemudian dinginkan. Dan, kepiting siap diolah lebih lanjut.

Mengeluarkan daging kepiting

Daging kepiting ini bisa dimanfaatkan untuk sup, campuran tumis, nasi goreng, dan sebagainya. Tapi Anda harus ingat, bahwa daging kepiting lebih mudah dikeluarkan jika direbus terlebih dahulu.

Untuk mengeluarkan daging kepiting, pertama-tama Anda puntir kaki dan capit kepiting hingga terlepas. Pecahkan capitnya dengan alat khusus atau pukul-pukul dengan benda keras, ambil dagingnya dari potongan capit.

Setelah itu, angkat ujung ekor atau bagian penutup badan kepiting, patahkan ke arah belakang jari Anda. Buka cangkangnya dengan menekan setiap sisi badannya dengan ibu jari. Angkat bagian badannya.

Kemudian, buang perut dan insangnya. Potong dua bagian badannya, ambil dagingnya.

Mudah bukan? Mengolah daging kepiting dan memasak seafood tidak terlalu rumit seperti yang Anda bayangkan. Selamat mencoba!

 

Tips dari buku Primarasa Olahan Lezat Seafood

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com