Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 16:39 WIB


KOMPAS.com
– Apabila Anda tertarik untuk menekuni karier di industri asuransi, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Karena umumnya, kesuksesan seorang agen asuransi bergantung pada kepiawaiannya menyampaikan personal leverage kepada klien atau calon klien.  Berikut beberapa contekan  mengenai kualifikasi dasar, yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi agen asuransi  terbaik. 

Memprioritaskan kebutuhan klien

Banyak agen yang mengejar penjualan karena semata mengincar komisi yang ‘padat’ di akhir bulan. Tetapi, saat klien mengeluh atau bertanya hal yang yang berkaitan dengan produk yang ia beli, agen tersebut langsung pasang sikap acuh tak acuh. Nah, tipe agen yang seperti ini, dipastikan tidak akan bertahan lama dalam industri asuransi. Mengapa ? Karena kepercayaan klien itu bersifat rapuh, apalagi kini bisnis asuransi kian kompetitif. Jadi, ketika klien tidak mendapatkan apa yang telah dijanjikan, mereka tidak sungkan untuk beralih ke produk asuransi yang lain.

Layanan pelanggan yang unggul

Agen yang berpotensi meraih sukses adalah mereka yang memenuhi janjinya pada klien. Salah satunya dengan memberikan respon yang cepat saat klien membutuhkan. Apabila terdapat beberapa hal yang diinginkan oleh klien, namun tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan, maka agen tersebut harus mampu meredam amarah klien dengan mengutarakan alasan-alasan yang masuk akal.

Agen yang dapat bertahan dan memperoleh sukses adalah mereka yang memenuhi janjinya kepada klien.  Salah satu keluhan utama dari klien, nasabah dan pemegang polis asuransi adalah saat tidak ada seorang pun dari pihak perusahaan yang bisa dihubungi untuk menjawab pertanyaan mereka.  Jadi pastikan Anda memiliki banyak waktu untuk klien, meskipun apa yang mereka tanyakan hanyalah isu  sederhana sekalipun.

Kecerdasan emosional

Jadilah pendengar yang baik dan tulus dalam berempati pada kebutuhan klien.  Kemampuan mencerna dan memahami keinginan klien menjadi ‘kunci’ yang akan mengantarkan karier Anda melesat ke posisi yang lebih tinggi. Selain itu, saat menghadapi keluhan klien, pastikan Anda dalam posisi yang memihak mereka.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com