Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 17:46 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Meski pada awalnya video games diciptakan untuk sejenak lari dari realitas, tapi sekarang ini video games justru semakin nyata dengan kenyataan. Tak heran jika pengaruhnya terhadap kehidupan tak boleh diremehkan.

Salah satunya adalah dalam hal seksualitas. Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Stanford menunjukkan avatar yang dipilih dalam video games bisa menggambarkan pada kepercayaan diri dalam aktivitas seksual.

Studi yang melibatkan 86 wanita berusia 18-40 tahun ini menyimpulkan, wanita yang memilih avatar seksi, misalnya Lara Croft, saat bermain games ternyata lebih terbuka dan menerima diri mereka sebagai objek dalam aktivitas seksual di kehidupan nyata.

Bukan hanya itu, para pecandu games ini juga punya kecenderungan untuk menerima mitos pemerkosaan, dimana seorang wanita menyalahkan dirinya sendiri atas kejadian tersebut.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, para partisipan ini diminta untuk memilih karakter games dari yang konservatif (pakaian serba tertutup) hingga provokatif (yang terbuka dan seksi). Rata-rata ternyata suka memilih karkater yang lebih terbuka dan seksi.

Di akhir kuesioner, merka diberi pertanyaan seputar hasrat seksual. Mereka yang memilih avatar seksi lebih terbuka akan kehidupan seksual mereka dan termasuk menganggap tubuh sebagai sebuah perayaan.

Mereka yang bermain games dengan karakter seksi juga cenderung tak keberatan menulis tentang 'pikiran tentang tubuh' yang mengindikasikan tentang menjadikan diri sebagai objek. Mereka juga tak keberatan menjawab pertanyaan tentang diri sebagai objek seksual.

Penelitian ini dibuat berdasarkan fenomena yang disebut Proteus Effect, yakni bagaimana perilaku seseorang dalam menyesuaikan diri pada identitas digital. Dengan kata lain, dengan kepercayaan dan perilaku seseorang bisa diwujudkan melalui karakteri di dunia virtual. Terlebih jika avatar tersebut menyerupai karakter yang ingin diwujudkan.

Hingga saat ini, diketahui bahwa 46 persen penggemar video games adalah wanita dan 36 persennya rata-rata berusia 8-18 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com