Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2013, 07:42 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Dalam urusan membeli bra dengan ukuran yang tepat, size adalah segalanya. Pemilihan bra yang salah bisa berdampak bukan hanya pada penampilan, tapi juga kesehatan. Terlebih pada remaja yang payudaranya masih tumbuh.

Ikuti tip berikut ini untuk mengetahui apakah bra yang selama ini Anda pakai sudah tepat atau belum.

1. Payudara bergeser
Bila Anda memilih push-up bra, tentu payudara akan sedikit menyembul. Tetapi jika payudara selalu bergeser keluar dari cup atau turun, mungkin ini saatnya Anda harus mengukur ulang. Ukuran yang tepat akan membuat payudara berada di tengah.

Jangan memaksakan diri membeli ukuran tertentu hanya karena ukuran tersebut dianggap besar, misalnya ukuran 36B. Lagi pula, itu semua hanyalah angka dan orang lain tak akan tahu berapa ukuran Anda.

2. Terasa sakit
Menurut pakar fashion dan penulis buku The Bra Book, Jene Luciani, jika bra Anda menyebabkan sakit, berarti ukuran yang dipakai salah. Bahkan tali bra tidak seharusnya terjatuh atau menekan terlalu keras. Saat melepas pakaian, periksalah ada tidaknya tanda kemerahan pada kulit. Ini adalah tanda utama bra Anda tidak tepat.

3. Kawatnya menusuk kulit
Sering bermasalah dengan kawat bra? Ini adalah problem klasik banyak wanita. Salah satu penyebabnya adalah membeli bra dengan ukuran terlalu kecil sehingga kawatnya keluar dan menusuk. Tentu sangat tidak nyaman

4. Tali selalu bergeser
Tali bra dan juga pengait di bagian belakang yang kerap bergeser menunjukkan bra yang dipakai kebesaran. Biasanya masalah ini dialami wanita berpostur tubuh mungil karena mereka memaksakan bra berukuran besar. Tali bra seharusnya pas di badan, bahkan Anda seharusnya bisa menyelipkan satu atau dua jari di bawahnya.

5. Ada celah antara payudara dan bra
Ini saatnya untuk berganti ukuran bra jika Anda mendapati adanya celah terlalu lebar antara payudara dan bra. Ukuran yang sesuai akan membuat pemakainya merasa nyaman saat bergerak, bahkan Anda sampai lupa sedang memakainya.

6. Kesehatan menurun
Gangguan kesehatan memang bisa disebabkan karena banyak faktor, dari yang ringan sampai yang serius. Masalah sepele seperti ukuran bra yang tidak tepat ternyata bisa memicu gangguan kesehatan seperti peredaran darah terhambat, nyeri punggung, susah bernapas, postur tubuh salah, sakit kepala, serta nyeri leher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com