Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Aman Pakai "Heels" dan Tenteng Tas Besar

Kompas.com - 17/10/2013, 11:45 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Glamour
KOMPAS.com - Paduan sepatu hak tinggi dan tas besar memang tengah digandrungi banyak perempuan. Sayangnya fashion statement ini bisa membahayakan postur tubuh dan membuat Anda merasa tak nyaman memakainya. American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) menyatakan bahwa memakai sepatu hak tinggi dan tas besar bisa membuat sendi dan otot tangan serta kaki jadi tegang.

"Tas besar yang berat bisa menyebabkan bahu, leher, siku dan bahu jadi nyeri sampai menderita cidera serius. Sedangkan sepatu hak tinggi, platform atau ujung runcing bisa menyebabkan cidera lutut, nyeri punggung, masalah jari kaki, dan lainnya," ungkap dr Sara L. Edwards, Juru Bicara AAOS.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa tampil cantik dengan heels dan tas besar tanpa harus merasa tersiksa dan mengalami cidera?

1. Jangan membawa tas terlalu berat
Sekalipun membawa tas besar, namun ini tak berarti kalau Anda bisa boleh membawa isi tas yang terlalu berat. Hindari membawa beban isi tas lebih dari 10 persen berat badan Anda.

2. Kemas barang-barang dengan tepat
Tas besar bukan berarti banyak ruang untuk meletakkan berbagai macam barang sesukanya. AAOS merekomendasikan untuk mengatur isi bawaan di dalam tas dengan tepat agar tak berat sebelah. Atur bawaan dalam tas Anda mulai dari barang-barang yang paling berat. Letakkan barang paling berat ini di bagian paling bawah dan di tengah tas, diikuti dengan barang yang ringan.

3. Jangan menenteng tas di siku
Gaya menenteng tas seperti ini sering dilakukan oleh Victoria Beckham. Gaya ini dianggap lebih elegan dan membuat Anda terlihat lebih feminin. Sayangnya gaya ini justru berbahaya untuk postur tubuh Anda karena bisa membuat siku jadi cidera. Sebaliknya, cobalah untuk membawa tas di bahu, dan rutin memindahkannya antar bahu.

4. Batasi ketinggian hak sepatu
Jika Anda berencana untuk banyak berjalan, maka batasilah ketinggian hak sepatu Anda. Semakin tinggi hak sepatu, pastinya tak akan nyaman dipakai berjalan. Jika aktivitas Anda hari ini banyak berjalan atau naik turun tangga, maka cobalah untuk memakai sepatu dengan hak yang tidak melebihi enam sentimeter.

5. Waktu terbaik beli sepatu
Anda pasti sudah banyak mendengar saran untuk membeli sepatu di siang hari. AAOS juga merekomendasikan hal yang sama, hal ini disebabkan karena kaki akan membesar di siang hari, baik saat Anda sedang berdiri atau duduk.

6. Pilih ukuran sepatu yang pas
Ukuran sepatu juga akan memengaruhi kenyamanan pemakainya. Sebaiknya jangan pilih sepatu yang terlalu pas di kaki. Tinggalkan jarak satu sentimeter antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu agar kaki bisa leluasa bergerak dan tak tertekuk.

7. Pilih sepatu yang memiliki tali
Strap, tali, dan "gesper" pada sepatu bukan hanya sekadar fashion. Namun, semua ini justru bisa memberikan kenyamanan lebih untuk Anda. Sepatu model ini akan mendukung busur kaki jadi lebih nyaman bergerak karena tidak harus "mencengkram" sepatu agar tak mudah lepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com