Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2013, 06:10 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com – Kualitas ikan ditentukan oleh kesegarannya. Ikan yang segar mengandung gizi tinggi dan layak dikonsumsi oleh Anda. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli, pastikan dulu ikan dalam kondisi yang baik. Lalu, bagaimanakah cara memilih ikan yang segar?

Perhatikan kondisi mata pada ikan, bentuk mata yang penuh, lembap, terang dan menonjol mengindikasikan ikan tersebut segar. Sebaliknya, kondisi mata ikan yang kusam, kering,layu atau cekung memantulkan ikan yang tidak layak dikonsumsi.

Kemudian, tengok bentuk insang ikan. Insang yang bersih, merah dan terang, tanpa tanda abu-abu atau noda kotoran, menandakan kualitas ikan yang baik. Selanjutnya, sentuhlah badan dan bagian perut ikan, bila setelah ditekan atau dipencet langsung kembali seperti semula, yakni halus dan agak kaku, tidak lembek, terkulai atau bengkak. Berarti, ikan tersebut aman untuk Anda beli.

Jangan lupa memeriksa kondisi kulit atau sisik ikan. Kulit ikan harus cerah dan lembap jika dipegang, tidak kering atau kasar. Segala ciri-ciri dan warna alamiahnya pastikan tidak tampak suram. Misalnya, ikan belanak merah dan kakap harus berwarna merah muda terang, ikan salmon berwana perak berkilau.

Kunci kelezatan sajian ikan adalah ada pada kesegaran ikan itu sendiri. Jika  tidak segar, cita rasa masakan pun akan kacau balau. Dikarenakan ikan termasuh bahan makanan yang lembut untuk dimasak, maka kualitas ikan harus dalam kondisi terbaik.

Daging ikan dikenal sangat rapuh, hingga perlu penanganan yang hati-hati. Sebisa mungkin pilih yang paling segar dan pastikan keadaannya benar-benar bersih sebelum dimasak. Dan disarankan, jangan memasak ikan terlalu lama, selain agar daging tetap memiliki citarasa yang manis, trik ini juga mencegah kadar protein mengalami penyusutan atau hilang.  

Ikan juga lebih cepat busuk dibandingkan dengan lauk lainnya, jadi ikan yang dibeli harus dimasak pada hari yang sama, atau sesegera mungkin. Jika ikan akan disimpan, sebaiknya cuci terlebih dahulu, bungkus dengan plastik pembungkus makanan dan simpan di bagian paling dingin dalam lemari es atau freezee. Hal lain yang perlu diingat adalah ikan utuh akan bertahan lebih lama, jika dibuang isi perutnya terlebih dahulu.

Selamat mencoba!

Narasumber : Buku "Primarasa Olahan Lezat Ikan"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com