Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2013, 14:40 WIB

KOMPAS.com – Memang betul latihan kardio seperti joging, bersepeda, berenang atau aerobik cukup efektif untuk membakar lemak. Namun, bukan berarti kemudian Anda hanya fokus melakukan jenis latihan itu saja dan melewatkan yang lain.

Jenis latihan lain yang tak kalah penting adalah latihan kekuatan (strength training) atau latihan mengangkat beban. Umumnya, perempuan tidak tertarik melakukan latihan ini karena khawatir tubuhnya akan terlihat seperti atlet binaraga.

Pengertian ini tentu saja tidak benar, setiap orang perlu melakukan latihan kekuatan untuk mengontrol metabolisme tubuh (proses pengolahan zat makanan menjadi energi atau kalori).

Mengapa perempuan perlu latihan kekuatan?

Selain meningkatkan metabolisme, latihan ini penting untuk mencegah otot mudah cedera karena aktivitas sehari-hari. Selain itu, latihan kekuatan juga penting untuk menjaga kepadatan tulang, membentuk dan menguatkan otot, serta membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Orang yang rutin melakukan latihan kekuatan umumnya memiliki postur tubuh yang baik dan ideal.

Apakah latihan ini juga berguna untuk menurunkan berat badan?

Tentu saja. Salah satu kunci mendapatkan berat badan ideal adalah dengan mengontrol metabolisme tubuh. Agar proses pembakaran lemak maksimal, maka metabolisme harus ditingkatkan. Jenis olahraga yang efektif untuk meningkatkan metabolisme adalah latihan kekuatan dipadukan dengan latihan kardio.

Bisakah lengan yang ‘kendur’ dilatih menjadi kencang dengan melakukan latihan kekuatan?

Lengan yang kendur menandakan otot di bagian itu juga kendur dan dapat menyimpan lemak. Untuk mengencangkannya, lakukan push up, triceps extension, dan triceps kickback menggunakan dumbbell atau latihan lainnya. Saat berlatih di gym, Anda bisa minta bantuan pelatih untuk mengangkat beban.

Berapa lama latihan kekuatan sebaiknya dilakukan?

Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu, dengan masing-masing gerakan sebanyak 10 repetisi yang meningkat secara bertahap. Untuk pemula, gunakan dumbbell atau beban kurang lebih 1 kg. Jangna lupa lakukan peregangan 1-2 kali dalam sehari agar otot lebih lentur, panjang dan kuat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com