Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Perlu Waktu 1 Bulan untuk Tampil Tanpa Riasan saat Pacaran

Kompas.com - 18/10/2013, 23:07 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Bagi perempuan, berdandan adalah ritual ‘sakral’ yang wajib dilakukan dengan penuh konsentrasi. Riasan pada wajah dinilai mampu mendongkrak rasa percaya diri. Maka dari itu, tidak mudah bagi perempuan untuk menampilkan wajah natural mereka, terlebih kepada sang kekasih baru.

Menurut survei yang melibatkan hampir sekitar 2.000 perempuan ditemukan fakta, bahwa butuh waktu sebulan bagi perempuan untuk  ‘mengumpulkan nyali’ tampil tanpa riasan, saat sedang bersama pria yang mereka kencani.

Rata-rata partisipan mengungkapkan, mereka belum percaya diri untuk menampilkan paras natural pada pasangan, apabila ‘usia’ hubungan masih terbilang baru.

Mereka butuh waktu kurang lebih empat minggu, untuk berani tampil bebas make up saat bersama pasangan. Alasannya, tanpa riasan wajah mereka merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman. Lalu, mereka juga khawatir meninggalkan kesan yang buruk pada pasangan.

Riset yang dilakukan oleh Superdrug  ini,  juga menguak bahwa 6 dari 10 perempuan mengaku akan terus mengenakan make up hingga merasa yakin, bahwa pasangannya akan menerima mereka apa adanya.

Bahkan, tidak sedikit yang mengakui bahwa di tengah acara kencan mereka rela bolak-balik ke kamar mandi demi memperbaiki riasan. Karena di bulan pertama berkencan, perempuan tidak mau memberikan kesan yang akan membuat pria menjauh, baik secara fisik dan emosional.

 Hampir 9 dari 10 partisipan berambisi ingin selalu terlihat cantik untuk pasangan mereka, dan salah satu caranya adalah ‘mendempul’ wajah  dengan make up. Paranoid ini bukan tidak beralasan, berdasarkan pengalaman pribadi beberapa partisipan, mereka mengaku pernah bertemu pasangan dengan wajah dibiarkan tanpa riasan, hasilnya hubungan tidak berjalan mulus dan berakhir secepat kilat.

 Apa sih yang paling ditutupi oleh perempuan saat berdandan? Kerutan wajah menjadi jawaban populer. Maka dari itu, mereka selalu membawa alat rias. Jadi, jangan heran jika mendengar perempuan mengeluh dan panik, saat kelupaan membawa tas rias karena bagi perempuan ini sama saja kehilangan setengah napasnya. 

Juru bicara Superdrug, Sarah Sharp, mengatakan riasan wajah seperti ‘tameng’ yang memicu kepercayaan diri. Sehingga benar adanya, bahwa rasa nyaman pada pasangan menjadi ‘kunci’, apakah perempuan bersedia menampilkan wajahnya tanpa pulasan kuas rias sedikitpun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com