Kamis, 24 April 2014
Nita Sofiani Persiapkan Diri untuk Miss Earth Internasional 2013
Sabtu, 19 Oktober 2013 | 10:35 WIB
|
Share:
KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES

Nita Sofiani (tengah) menjadi pemenang dalam ajang Miss Earth Indonesia 2013 di malam grand final di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (17/10/2013). Nita Sofiani berhasil menyisihkan 28 finalis.

 

 

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Nita Sofiani (tengah) menjadi pemenang dalam ajang Miss Earth Indonesia 2013 di malam grand final di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (17/10/2013). Nita Sofiani berhasil menyisihkan 28 finalis.

KOMPAS.com - Nita Sofiani, pemenang Miss Earth 2013 ternyata bukan orang baru di dunia modeling atau kontes kecantikan. Kelahiran Bandung, 8 Oktober 1992 ini juga pernah mengikuti beberapa kontes dan masuk dalam daftar pemenang.  Di antaranya, ia menjadi Top 10 Majalah Kawanku 2008, Miss Jawa Barat 2011 dan Top 10 Miss Indonesia 2011.

Mengikuti Miss Earth Indonesia 2013, disampaikan Nita, karena dirinya tertarik dengan misi sosial yang diemban oleh Puteri Bumi Indonesia ini. Tidak hanya sekadar bergelar Miss dan mengenakan mahkota saja, namun juga bisa berperan aktif mengajak masyarakat lebih luas untuk sama-sama peduli dengan lingkungan.

“Saya tidak mengira bisa terpilih, apalagi kalau melihat finalis lainnya yang menurut saya hebat semua, terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2013 menjadi kebanggan tersendiri, dan jalan saya baru dimulai,” ujarnya saat ditemui usai dinobatkan sebagai pemenang, pada malam final pemilihan di gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Pemilik tinggi badan 171 cm dan berat badan 55 kg ini sehari-hari menjalani profesi sebagai makeup artist dan menjalankan Event Organizer. Nita juga merupakan lulusan Diploma Bahasa Inggris dari Universitas Kristen Maranatha.

Dengan wajah yang masih tak percaya dan berbinar-binar, mojang Bandung ini lalu membeberkan apa yang akan ia jalani selama setahun mendatang.

Katanya, ia akan berperan aktif menghimbau masyarakat untuk sama-sama peduli dengan lingkungan. Ia juga akan bekerjasama dengan media, untuk menyebarluaskan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Bersama Gubernur Jakarta saya ingin mengajukan usulan agar setiap rumah menanam satu pohon, dan ini tentu akan menjadi aksi nyata dalam menjaga lingkungan,” ujarnya lugas.

Di luar berbagai program dan peran sebagai Miss Earth, Nita juga mengaku akan mengasah talenta dirinya untuk bersiap lebih maksimal dalam kontes Miss Earth 2013 yang dijadwalkan berlangsung di Filipina, pada 7 Desember mendatang.

“Untuk ajang Miss Earth, saya merasa perlu mengasah kemampuan saya menari, saya akan tunjukkan yang terbaik,” ungkapnya lagi.

Dilihat dengan seksama, Nita memiliki paras yang enak dipandang. Kemampuannya untuk berkomunikasi dan menjawab pertanyaan cukup luwes. Saat ditanyai lebih jauh, apa yang membuat juri memilihnya, Nita tersenyum.

"Mungkin karena kepercayaan diri saya besar,” ujarnya sembali berlalu.

Sebagai Miss  Earth Indonesia 2013, Nita juga akan ikut serta dalam pemilihan Miss Earth 2013, yang berlangsung di Mall of Asia Arena, Pasay City, Filipina, 7 Desember 2013.

Mengacu juga pada gelaran internasionalnya, Miss Earth Indonesia juga memilih lima puteri dengan masing-masing tugas yang berbeda, dari mulai air, udara, energi dan pariwisata ramah lingkungan. Mereka yakni; Kanty Widjaja sebagai runner up 1 (Miss Earth Indonesia Air), Vitri Dwi Martini Daniati runner up 2 (Miss Earth Indonesia Water), Rakhmi Wijiharti sebagai runner up 3 (Miss Earth Indonesia Fire), dan Yossico Stephanie sebagai runner up 4 (Miss Earth Indonesia Eco Tourism).

Miss Earth Idonesia 2013 untuk kali pertama digelar oleh El John Pageants. Sebelumnya kontes ini diusung oleh Yayasan Puteri Bumi Indonesia dengan nama pemenang, Artri Aldoranti Sulistyowatu (2007), Hedhy Kurniati (2008) , Nadine Zamira Sjarief (2009), Liza Elly Purnamasari (2010) dan Chelsy Liven (2012).

 

Penulis :
Rahman Indra
Editor :
Lusia Kus Anna