Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2013, 12:41 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com – Minum segelas air putih adalah yang sehat untuk memulai hari. Selain melancarkan pencernaan dan sistem pembuangan, air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Ketahui apa saja keajaiban air putih untuk tubuh:

Hidrasikan sel-sel

Setelah tidur di malam hari, tak heran jika Anda merasa kehausan saat bangun tidur di pagi hari. Hidrasi di pagi hari sangat penting karena akan meningkatkan kekuatan otot dan sel-sel darah yang dihasilkan. Tubuh yang terhidrasi memungkinkan masuknya aliran oksigen yang sehat sehingga membuat Anda untuk tetap waspada dan berenergi.

Detoks untuk tubuh

Air putih, khususnya air lemon merupakan detoksifikasi alami. Tidak hanya membuat Anda menjadi sehat, tapi juga memberikan dampak baik untuk kulit Anda. Air membersihkan usus besar dan sehingga penyerapan nutrisi meningkat. Air putih yang ditambahkan perasan lemon di pagi hari bisa melancarkan buang air kecil, memaksimalkan fungsi enzim dan merangsang pengeluaran racun.

Membantu penurunan berat badan

Minum air putih dalam keadaan perut kosong saat bangun tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan, penelitian menunjukkan konsumsi air di pagi hari  menghasilkan peningkatan pada pembakaran kalori lebih banyak. Air juga membantu menekan nafsu makan.

Mencegah penyakit

Jika Anda sering sakit, bisa jadi itu karena Anda tidak minum cukup air. Air memainkan peran penting dalam mempertahankan sistem limfatik yang sehat. Ketika sistem ini seimbang, tubuh Anda dapat melawan infeksi secara lebih maksimal. Studi juga menunjukkan bahwa dehidrasi mengarah pada  tingkat kortisol yang lebih tinggi sehingga menyebabkan stres dan penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com