Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Karier, 1 dari 3 Wanita Sembunyikan Cincin Kawin

Kompas.com - 21/10/2013, 15:01 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Daily Mail


 
KOMPAS.com -
Cincin kawin sebagai pengikat janji setia ternyata kerap disembunyikan calon pelamar kerja. Mereka khawatir peluang mereka untuk diterima kerja akan hilang karena ketahuan sudah menikah.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah survei di Inggris. Disebutkan, satu dari tiga wanita yang sudah menikah atau bertunangan, mengaku menyembunyikan cincin kawin mereka pada beberapa situasi.

Survei tersebut dilakukan oleh comparejewellery.com terhadap sejumlah responden wanita  di Inggris baru-baru ini. Ada sekitar 1.712 responden yang terlibat dan semuanya berusia 18 tahun ke atas.

Sebagian besar menganggap cincin memiliki pengaruh besar terhadap karier. Masih banyak orang yang menilai berstatus lajang memberi keuntungan tersendiri saat sedang meniti karier. Menjadi lajang juga dinilai akan membuka peluang mendapat projek yang menantang.

Selain itu, dengan tidak memakai cintin para responden ingin memberi kesan kepada pihak pewawancara mereka serius untuk bekerja. Jika memakai cincin, mereka takut dianggap hanya akan bekerja sebentar karena tak lama lagi akan menikah.

Ketika ditanya situasi apa yang membuat para responden ini melepas cincinnya, hampir 35 persen menjawab ketika bekerja di kantor, 29 persen saat wawancara kerja, dan 22 persen saat bersosialisasi dengan teman.

Saat sedang bersosialisasi, alasan mencopot cincin karena mereka tidak mau diperlakukan berbeda oleh temannya.

Di luar situasi tersebut, mayoritas responden menjawab mereka melepas cincin mereka saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau sedang mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com