Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterampilan di Sekolah Tak Berguna di Dunia Kerja?

Kompas.com - 22/10/2013, 15:54 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Sekolah seharusnya mengajarkan para siswanya untuk siap menghadapi kehidupan setelah kelulusan. Tetapi keterampilan dan pengetahuan yang didapat di sekolah ternyata tak selalu membantu mencapai puncak karier.

Kebiasaan baik yang dipelajari di sekolah, terutama belajar dan menyiapkan diri menghadapi ujian,  disebutkan tak banyak membantu di dunia kerja. Menurut Tara Mohr, pendiri program kepemimpinan wanita Playing Big, seorang wanita karier perlu menyesuaikan diri dengan faktor spontanitas kerja.

"Seorang wanita bisa saja masuk dalam zona nyaman dengan mempersiapkan diri dan merasa dengan melakukan persiapan mereka bisa memiliki kinerja baik dan semuanya di bawah kendali," kata Mohr.

Tetapi kenyataannya tak selalu demikian. Menurut dia, pada titik tertentu dalam jenjang karier, kita dituntut untuk lebih banyak melakukan improvisasi.

"Kita dituntut untuk berpikir secara logika, kita akan mendapat banyak pertanyaan yang bahkan tidak pernah kita pikirkan. Sekolah secara umum tidak pernah benar-benar mengajari kita untuk benar-benar memiliki kontrol," paparnya.

Mohr mengatakan seringkali melihat wanita yang penuh potensi, mereka yang biasanya lebih berhasil melampaui harapan di sekolah, kerap kesulitan mencapai level karier selanjutnya.

Solusinya? Anda harus keluar dari zona nyaman. "Kita harus belajar untuk merasa tidak nyaman. Banyak wanita karier yang sukses tahu bagaimana keluar dari zona nyaman, membiarkan rasa takut itu datang dan merasakan sedikit adrenalin supaya bisa keluar dari status quo," ujarnya.

Dengan kata lain ia mengajak Anda untuk selalu belajar sesuatu yang baru dan jangan ragu bereksperimen. Ambil pelajaran dari eksperimen tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com