Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2013, 19:07 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Badan sudah langsing, tapi kenapa ya pilih baju masih sulit dan tak cocok dengan postur tubuh? Coba cek bentuk dan lebar bahu Anda.

Bahu kotak dan lebar memang bisa mengganggu tampilan busana Anda karena postur tubuh terlihat seperti sebuah segitiga terbalik. Tenang saja, bukan hanya Anda kok yang mengalami hal ini. Beberapa selebriti seperti Penelope Cruz, Ellen Pompeo, dan Hilary Swank juga memiliki masalah bahu yang lebar. Namun, agar tampak memesona seperti mereka, ada beberapa aturan saat memilih busananya.

Hindari:
Bergaya lebih stylish dan modis memang tak salah, namun salah pilih model busana justru akan membuat Anda terlihat lebih maskulin dengan bahu yang bidang.
1. Vest : Vest atau rompi akan membuat Anda terlihat besar dan bahu semakin lebar.
2. Bantalan bahu : Bantalan bahu akan membuat tampilan Anda terlihat lebih geometris.Selain itu, tampilan Anda akan terlihat seperti gaya tahun 80-an.
3. Motif garis mendatar : Alih-alih menyamarkan, motif garis ini justru akan membuat bahu dan tubuh terlihat lebih lebar dibanding aslinya.
4. Boat neck (leher lebar) : Baju-baju dengan potongan yang lebar di leher ini memang terlihat seksi, sayangnya ini juga akan mengekspos bahu sehingga jadi lebih lebar dan kotak.
5.Turtle neck : Model baju dengan kerah yang tinggi (turtle neck) seperti ini akan membungkus leher dan tubuh Anda dengan sempurna. Tak cuma itu, model seperti ini justru akan mengeskpos semua bagian tubuh Anda yang tak sempurna, termasuk lipatan lemak dan juga bahu yang lebar.

Gunakan:
1. Jumper V neck longgar : Hindarkan perhatian orang-orang dari bahu lebar Anda. Gunakan busana dengan kerah V untuk menonjolkan dan membuat leher jadi lebih panjang. Jika memiliki paha yang kecil, padukan V neck longgar ini dengan celana skinny berwarna hitam, abu-abu, merah dan putih.

2. Lengan 3/4 : Baju atasan dengan lengan 3/4 akan membuat penampilan Anda terlihat lebih kasual. Hanya saja, busana ini akan sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki ukuran dada yang cukup besar. Ukuran dada yang terlalu rata akan membuat Anda terlihat seperti pria. Namun, untuk membuatnya lebih terlihat feminin, pakai saja rok denim atau rok berbahan ringan.

3. Atasan bertali tipis : Alih-alih memilih vest yang penuh menutupi bahu, sebaiknya pilih atasan yang memiliki tali tipis atau spaghetti.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com