Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2013, 13:26 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Membuat kaldu itu susah-susah gampang. Jika kurang tahu teknik yang benar, kaldu akan menghasilkan banyak lemak setelahnya. Guna membuang lemak dari kaldu tanpa harus menghilangkan manfaat gizi di dalamnya, coba terapkan cara berikut.

Kaldu yang bagus seharusnya bening dan tidak mengandung banyak lemak. Karena itu, selama perebusan buang kotoran atau lemak yang mengapung di permukaan. Tetapi bila dalam kaldu masih juga terkandung banyak lemak, berikut cara membuangnya.

Membuang lemak dari kaldu panas

Bila kaldu masih panas dan hendak segera digunakan, buang lemak yang mengapung di permukaan dengan sendok. Lalu, gunakan tisu dapur yang tebal untuk mengangkat lemak yang tersisa.

Caranya, taruh selembar tisu dapur di atas permukaan kaldu, tarik ke belakang dan angkat ke atas. Lemak akan menempel pada tisu.

Membuang lemak dari kaldu yang sudah didinginkan

Simpan kaldu yang sudah dingin dalam lemari es hingga beberapa lama. Lemak akan membeku dan terkumpul di atas permukaan membentuk lapisan. Angkat menggunakan sendok hingga bersih.

Tips dari buku Primarasa


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com