Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Wulan Tilaar Memajukan Indonesia dan Kaum Perempuan

Kompas.com - 24/10/2013, 14:14 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Berbincang-bincang dengan Wulan Tilaar, Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, seperti berbicara dengan Martha Tilaar muda. Penuh semangat, berwawasan luas dan menebarkan energi positif.

Pada sela-sela peresmian pembukaan gerai ke-57 Martha Tilaar Salon Day Spa, yang berlokasi di Tendean, Jakarta Selatan, pada Sabtu (19/10/2013). Dengan penuh semangat, Wulan menyampaikan pemikiran dan harapannya akan Indonesia di masa depan. Perempuan cantik ini mengaku, bahwa ia tidak akan patah semangat dalam mengembangkan, mengolah dan mengenalkan kekayaan alam Indonesia, lewat produk rilisan Martha Tilaar Group.

 “Saya melihat mindset orang kita yang menganggap produk asing selalu lebih baik, padahal tidak sepenuhnya demikian, dan saya ingin sekali itu bisa berubah. Saya ingin penduduk Indonesia menyadari, bahwa produk dalam negeri pun tidak kalah bagusnya,” ujarnya dengan lugas.

Harapan dan niatan tersebut, menjadi penyemangat Wulan untuk terus bergerak. Menjalankan apa yang menjadi misi besarnya untuk Indonesia. Salah satunya adalah membuat local wisdom, atau kekayaan budaya lokal menjadi  keunikan dan kebanggaan bangsa.

“Bayangkan, di saat orang luar membeli mahal untuk produk luluran, kita di sini bisa memperolehnya dengan mudah, dan itu kerap diabaikan,” ujarnya memberi contoh.

Tidak hanya itu saja, untuk merasakan spa tradisional di New York misalnya, mereka harus membayar mahal hingga jutaan rupiah. Sementara di sini, dengan sangat mudah dijumpai dan harga pun terjangkau.

Sebagai direktur dari PT Cantika Puspa Pesona-Martha Tilaar Group, Wulan lmengusung lima misi dalam setiap program yang ia jalani, dan masing-masing program memiliki tujuan yang positif.

Misinya yang pertama, adalah selalu memasukkan  unsur Indonesia dalam setiap produk yang dihasilkan. Ini merupakan pesan khusus yang diberikan sang ibu, Martha Tilaar, kepada dirinya. Mau bikin inovasi atau perubahan semodern apapun,  jangan sampai meninggalkan unsur Indonesianya.

Karenanya dalam setiap gerai Martha Tilaar, ia selalu menyematkan unsur Indonesia, baik dalam perawatan maupun arsitektural bangunan dan dekorasi ruangan.

“Dan karena Indonesia itu terbentang dari Aceh hingga Papua, makanya saya juga ingin mepercantik perempuan Indonesia secara keseluruhan, tidak hanya yang di Jawa dan Bali,” ungkapnya lagi.

Misinya yang kedua adalah melahirkan tenaga terapis yang handal. Tidak hanya sekadar memijat, namun juga memiliki pengetahuan akan anatomi tubuh. Sehingga, pelanggan yang datang merasakan efek pijat tradisional secara menyeluruh, dan bebas dari rasa nyeri saat bangun tidur keesokan harinya.

Lalu, Wulan mengusung misinya yang ketiga, dengan selalu melakukan inovasi dalam melahirkan treatment atau produk terbaru. Inovasi ini termasuk mengolah berbagai kekayaan alam, dan tradisi yang sudah ada menjadi lebih baik dan bermanfaat buat masyarakat.

Selanjutnya misi yang keempat, ia ingin agar Indonesia juga dikenal oleh dunia luar. Masuk ke pasar global, sekaligus mengenalkan Indonesia lewat produk dan perawatan tradisional yang berkhasiat. Menurut Wulan, berkompetisi dengan pihak asing memiliki tantangan tersendiri.

Terakhir, pada misinya yang kelima, Wulan ingin memberdayakan perempuan Indonesia. Sebagai contoh untuk terapis spa, dia membuat program khusus pelatihan hingga enam bulan lamanya. Mereka ditanggung biaya uang saku, akomodasi dan lainnya. Di akhir program mereka akan diuji sebelum dialokasikan di gerai Martha Tilaar Salon Day Spa di berbagai daerah di Indonesia.

“Saya selalu membayangkan ke depan, orang Indonesia menyadari kekayaan yang ada di dalam negeri dan bangga karenanya,” tutup Wulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com