Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2013, 13:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber WomansDay

Kompas.com - Bangun pagi selalu dalam keadaan lemas, lesu, dan malas? Mungkin hal tersebut karena Anda memiliki pola tidur yang salah.

Saat kita tidur, tubuh akan menumpuk hormon yang disebut kortisol untuk kemudian dilepaskan sepanjang hari yang akan membantu kita lebih berenergi. Kadar kortisol paling tinggi di pagi hari dan paling sedikit di malam hari sehingga kita memerlukan tidur. Itu sebabnya seharusnya kita bangun dalam kondisi segar dan berenergi.

Pelajari bagaimana caranya agar kita bisa memiliki tabungan energi yang cukup sehingga kita termasuk dalam "morning person".

1. Singkirkan alarm
Mungkin Anda termasuk dalam orang yang perlu suara alarm untuk bangun pagi. Tetapi jika Anda terbangun dalam kondisi panik (akibat alarm), Anda akan mengeluarkan banyak kortisol sehingga energi Anda berkurang. Sebaiknya pilih suara alarm yang lebih lembut atau suara musik sehingga Anda tidak terbangun dengan kaget.

2. Mematikan alarm
Jika Anda terbiasa bangun sebentar untuk mematikan alarm dan tidur lagi, sebenarnya Anda merusak periode tidur REM, periode tidur yang paling penting. Cobalah untuk meletakkan alarm agak jauh dari tempat tidur sehingga Anda terpaksa berdiri untuk mematikannya. Saat sudah berdiri dan bangun, jangan langsung tidur lagi.

Untuk membiasakan diri terbangun pada waktu yang sama meski tanpa bantuan alarm, tentu Anda jangan tidur terlalu larut. Aturlah jam biologis Anda dengan cara bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

3. Mandi dengan aroma tertentu
Siraman air dingin di kulit memang bisa membuat kita lebih "melek". Anda juga bisa membangkitkan energi dan mood dengan menggunakan sabun beraroma tertentu. Misalnya saja peppermint, citrus, atau rosemary.

4. Sarapan tepat
Untuk meningkatkan level serotonin, zat kimia yang punya efek menenangkan, cobalah sarapan yang mengandung karbohidrat sehat. Anda bisa mencoba oat dengan irisan buah, bubur ayam dengan suwiran ayam, atau roti gandum.

5. Gunakan warna cerah
Mengganti kemeja favorit yang sebagian besar bernuansa gelap dengan warna-warna cerah ternyata efektif untuk membangkitkan mood. Warna cerah seperti merah, kuning, atau pink, sangat baik untuk menstimulasi otak. Anda pun lebih bersemangat menghadapi hari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WomansDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com