Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2013, 16:08 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com 
— Nampaknya saran orangtua untuk selalu bersikap sopan dan menjaga tata krama di mana pun Anda berada wajib kita ingat. Tak terkecuali saat Anda berada di pusat kebugaran alias gym. Masih banyak orang yang tidak mengetahui etika saat sedang berolahraga di tempat ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan The Gym Group mengungkapkan beberapa kebiasaan buruk anggota pusat kebugaran yang bisa mengganggu orang lain. Penelitian ini dilakukan terhadap 4.000 anggota The Gym Group di seluruh Inggris melalui survei online.

"Banyak orang yang merasa bahwa mereka berada di dunianya sendiri saat sedang di gym. Perasaan inilah yang membuat mereka akhirnya melupakan dan tidak menghormati orang lain yang ada di sekitarnya," ungkap John Trehame, CEO The Gym Group.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa kebiasaan yang cukup mengesalkan adalah kebiasaan untuk memonopoli alat-alat olahraga saat "jam sibuk".

Di urutan kedua, kebiasaan yang paling mengganggu adalah mengembalikan ukuran beban dumbell dan alat lainnya ke ukuran bebas dan juga meninggalkan peralatan dengan jejak keringat yang menetes.

Kebersihan loker pribadi, suara alat gym yang berderit, kebersihan lantai dan suara ponsel berdering adalah hal-hal lain yang bisa mengganggu orang lain di pusat kebugaran.

"Hal-hal seperti ini akan mengganggu orang lain, dan Anda pasti tidak ingin mengalami hal ini juga karena orang lain. Maka ada baiknya untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan Anda agar tidak saling mengganggu," harap John.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com