Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2013, 09:47 WIB

Kompas.com - Kebencian akan hari Senin memang banyak disebabkan pekerjaan saat ini. Padahal, jika Anda membenci pekerjaan saat ini, kenapa tidak berhenti dan mencari pekerjaan lain? Sayangnya, aksi tak semudah ucapan.

Anda bisa saja terlalu tua, tak ada yang bisa memberikan gaji sebaik tempat sekarang, atau Anda memang tak percaya diri. Alhasil, Anda terjebak di tempat kerja yang sama selama bertahun-tahun.

Nita Chitakasem, salah satu penulis buku How to Get the Job You Want, berbagi trik supaya Anda bisa mengubah rasa benci menjadi cinta. "Orang yang relatif bahagia dengan pekerjaannnya juga mengalami periode membenci pekerjaannya. Hal ini bisa berlangsung berhari-hari hingga bulanan, lho!"

Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Ikuti saran Nita berikut ini.

- Bicarakan kemungkinan untuk mengubah job description kepada atasan. Ungkapkan alasan Anda, entah itu kejenuhan, kewalahan, atau tak ada tantangan. Selain itu, Anda juga bisa meminta rotasi departemen. Bila bos Anda bijak dan peran Anda vital, ia akan mencarikan solusi.

- Bermusuhan atau tidak, pergantian rekan kerja juga bisa membuat pandangan soal pekerjaan berubah total. Maka, cobalah bekerja bersama orang-orang baru. Nah, kalau ternyata hasilnya lebih klop, cari lebih banyak kesempatan bekerja sama dengan mereka.

- Selain atasan, Anda juga bisa mengadu kepada orang yang Anda percaya. Dia bisa saja rekan kerja, teman lama, atau rekan kerja. Siapa pun itu, Nita mengingatkan supaya Anda berhati-hati memilih orang kepercayaan tersebut. Jangan sampai Anda memilih Si Ember yang suka bergosip.

- Berhentilah melakukan pekerjaan di waktu senggang. Ingat, pekerjaan tak akan ada habisnya. Jadi, lebih baik Anda berkumpul bersama orang-orang tersayang seperti keluarga atau pasangan, tidur cukup, dan melakukan me time.

- Pola makan yang berantakan dan kurang berolahraga juga bisa membuat Anda merasa tersiksa. Maka, perbaiki dua hal ini supaya Anda makin bersemangat, teliti, dan ber-mood positif di ruang kerja.

- Suasana kerja yang dibatasi kubikel memang menjemukan. Nah, akali saja dengan membuat ruang kerja ini menjadi lebih personal. Misalnya, simpan foto Anda bersama pasangan dan anak, hiasi kubikel dengan aksesori berwarna cerah, atau bawa bantal kursi supaya Anda bisa duduk lebih nyaman.

- Cara termudah untuk menghapus mimpi buruk berupa tumpukan pekerjaan adalah merapikan tampilan monitor komputer, kotak masuk e-mail, dan berkas-berkas. Coba manfaatkan aplikasi di tablet atau smartphone supaya Anda bisa lebih teratur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com