Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2013, 20:53 WIB

KOMPAS.com – Pasangan yang sudah lama menikah seringkali tersipu malu jika disinggung tengtang sikap-sikap romantis. Hal ini dianggap sebagai bahan nostalgia, padahal sebenarnya romantisme amat dibutuhkan dalam pernikahan.

Lamanya usia pernikahah, sering membuat pasangan suami istri mengabaikan hal-hal romantis. Padahal segala sesuatu yang romantis diperlukan dalam menjaga kehangatan dan memperkuat hubungan. Perlakuan romantis mengandung sikap pengertian, dan juga pernyataan ‘cinta’ pada pasangan. Hal ini pun akan membuat pasangan merasa istimewa, dan sudah barang tentu akan membalas hal yang sama juga kepada Anda.

Banyak cara untuk menjaga romantisme dengan pasangan yang dapat dilakukan oleh Anda setiap waktu. Berikut tip dari para psikoterapi dikutip dari psyhcentral.com

Penghargaan setiap hari

Menurut psikoterapis Jeffrey Sumber, dari M. A Southwestern College, dari pagi sampai malam, Anda dan pasangan memiliki kesempatan untuk menyampaikan apresiasi dan ungkapan kekaguman satu sama lain. Dapat disampaikan lewat pesan dan isyarat non-verbal seperti sentuhan, belaian, dan kecupan, atau sekedar kedipan mata dan senyuman.

Berikan kejutan

Kejutan kecil bisa membuat setiap hari menjadi spesial, menurut Barton Goldsmith, Ph.D., psikoterapis dan penulis buku Emotional Fitness for Couple, seperti mengirimkan pesan suara penuh cinta, ataupun mengirimkan kartu ke meja kerja pasangan. Sesekali membawakan sarapan di tempat tidur juga dapat dicoba.

Lakukan pekerjaan rumah tangga bersama

Banyak orang merasa dicintai dan diperhatikan ketika pasangan mereka bersedia membantu pekerjaan rumah, seperti mengepel, mencuci piring, dan membersihkan toilet. Pilihlah satu hari untuk melakukan segalanya dengan pasangan, misalnya di akhir pekan bersama.

Secara psikologis, komunikasi merupakan syarat utama untuk membangun kedekatan. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berbicara berdua. Tanyakan tentang harinya, apa yang dialami atau rasakan pasangan pada hari itu. Berbicaralah dengan pasangan tentang hal-hal favorit mereka, mimpi, dan gairah. Komunikasi adalah jembatan untuk intimasi yang lebih berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com