Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini untuk Kulit Bersih

Kompas.com - 04/11/2013, 13:22 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber epyk

 

 

 

KOMPAS.com — Siapa yang tidak ingin kulit muka yang bersih dan segar. Meski banyak produk kosmetik yang mengklaim bisa membuat kulit bersih dan bersinar, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu membersihkan kulit. Berikut 10 di antaranya yang bisa jadi pilihan.

1. Alpukat
Buah satu ini sering digunakan untuk produk pembersih muka karena kaya akan kandungan vitamin B yang berguna untuk membuat kulit sehat dan mengatasi masalah iritasi kulit. Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan buah ini, entah itu dikonsumsi lewat salad atau smoothie, bisa juga digunakan untuk digunakan langsung di kulit muka.

2. Buah "berry"
Dari mulai stroberi atau blackberry, buah-buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kulit. Vitamin yang dikandung di dalamnya membantu mendorong produksi kolagen dan membuat kulit muka lebih muda. Antioksidan di buah ini juga tinggi. Buah berry bisa dimakan langsung atau dicampurkan menjadi jus.

3. Keju segar
Keju tanpa proses pematangan mengandung selenium dan vitamin E yang membantu mengatasi radikal bebas dan mengandung antioksidan yang tinggi untuk kulit terlihat lebih sehat.

4. Kacang almond
Kandungan acid di dalamnya membantu melawan racun di dalam tubuh. Kacang almond juga memberi asupan air untuk kulit sehingga bisa terlihat lebih lembap dan sehat.

5. Kentang
Ada kandungan vitamin C dan zinc yang tinggi dalam kentang, yang akan membantu membentuk elastin untuk kulit.

6. Biji serelia atau "whole grain"
Jika Anda mempertimbangkan untuk memiliki produk perawatan kulit paling efektif, ini adalah salah satunya. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu menjaga kulit tetap kencang dan terawat.

7. Minyak biji rami atau "flaxseed"
Minyak flaxseed kaya akan kandungan omega 3 yang membantu melindungi kulit dan efektif mengatasi jerawat atau masalah pori-pori.

8. Yogurt
Kaya akan kandungan protein dan membuat kulit lebih kencang dan elastis.

9. Lada
Ada lada hijau, kuning, dan merah yang membantu menyehatkan kulit di area bawah mata. Karotenoid atau antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengatasi masalah jerawat.

10. Mangga
Buah satu ini tidak hanya enak saat dimakan, tetapi juga baik untuk kulit. Mangga mengandung vitamin A dan membantu kulit jadi lebih lembut dan terawat. Antioksidan di buah mangga juga tinggi untuk memerangi radikal bebas sehingga membantu menunda tanda-tanda penuaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber epyk
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com