Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontestan Indonesia Pamerkan Busana Reog pada Ajang Miss Universe 2013

Kompas.com - 04/11/2013, 15:21 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com —Beberapa hari lagi, malam grand final pemilihan ratu tercantik sejagat, Miss Universe 2013 akan segera telaksana. Sedianya, malam final ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 November 2013 di Crocus Hall, Moskwa, Rusia. 

Namun, sebelum menuju babak final, semua kontestan wajib mengikuti serangkaian karantina dan aktivitas lainnya. Salah satu agenda wajib Miss Universe adalah pertunjukan national costume, yang diadakan di Vegas Mall, Moskwa, pada hari minggu (3/11/2013) lalu. 

Setiap kontestan diwajibkan mengenakan busana nasional yang mewakili ciri khas negara masing-masing. Tahun ini, Puteri Indonesia, Whulandary, mengangkat busana nasional bertema reog ponorogo seperti yang sudah direncanakan. Busana tersebut sebelumnya sempat dipamerkan terlebih dulu kepada sejumlah wartawan menjelang keberangkatannya ke Rusia beberapa waktu lalu. 

Kostum ini merupakan hasil kerja sama dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dengan Solo Batik Fashion. Kostum ini terinspirasi dari kesenian reog di tahun 1400-an. 

"Kostum ini terinspirasi dari keindahan burung merak dan instrumen di pertunjukan seni reog. Detail payet dan juga permata pun ditambahkan di beberapa bagian busananya," ungkap Yanuar, salah satu perancang kostum reog ini, saat konferensi pers keberangkatan Whulandary ke Rusia, yang telah berlangsung beberapa waktu silam.

Kostumnya sendiri terdiri dari tiga bagian utama, yaitu baju atasan, rok mini warna-warni, dan juga sayap merak yang melambai indah di punggungnya. Tak lupa, busana ini juga dilengkapi dengan topeng reog yang digenggam di tangannya. 

Meski harus menggunakan kostum dengan berat total 10 kg ini, Whulandary terlihat sangat antusias untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia lewat kostum andalannya tersebut.

Sementara itu, Whulandary mengaku siap menghadapi malam grand final Miss Universe 2013 yang hanya tinggal beberapa hari lagi. “Tinggal 5 hari lagi menuju Grand Final Miss Universe 2013, saya excited! Saya akan memberikan yang terbaik untuk semuanya. Doakan agar saya berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia ya,” ujar Whulandary dalam pesan singkatnya.

Sebelum malam grand final yang akan berlangsung tanggal 9 November nanti, Whulandary akan melakukan Preliminary Competition yang akan dilakukan hari ini. Juri-juri yang terlibat Preliminary Competition ini antara lain Irina Agalarova (ikon fashion di Rusia), Corinne Nicolas (model senior), Elena Semikina (Miss Universe Canada 2010), dan beberapa tokoh lainnya. 

Topeng khas Indonesia menang lelang tertinggi
Sebelum melakukan national costume show, kontestan Miss Universe juga melakukan lelang benda-benda khas negara masing-masing.

Kali ini, Puteri Indonesia 2012 ini membawa topeng khas Indonesia yang berasal dari DI Yogyakarta. Topeng ini dipilih sebagai national gift auction karena di era modern seperti sekarang, semakin banyak orang yang mengapresiasi topeng sebagai karya seni yang indah. Topeng ini berukuran 30x20 cm dan terbuat dari kayu mahogani. 

Hasilnya, topeng indah yang biasanya digunakan para penari dalam pertunjukan sendratari Ramayana atau Mahabrata ini laku terjual dengan harga tertinggi dibanding kostum kontestan lainnya. Seperti dilansir dari puteri-indonesia.com, topeng ini laku dengan harga 8.000 dollar AS atau setara dengan Rp 88 juta. Selain itu, cendera mata Indonesia juga masuk ke dalam Best 15 National Gift di Miss Universe 2013.

“Kami berharap jika Indonesia yang diwakili oleh Whulandary dapat berjaya di Miss Universe 2013 ini,” terang Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K Wardani dalam siaran persnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com