Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi 5 Kostum Nasional Terbaik Miss Universe 2013

Kompas.com - 05/11/2013, 17:49 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai agenda rutin penyelenggaraan Miss Universe, ajang National Costume selalu menarik perhatian. Dalam ajang ini, lewat busana tradisional, para kontestan dari seluruh dunia memperkenalkan budaya masing-masing negara kepada khalayak luas. 

Tahun ini, Puteri Indonesia 2012, Whulandary Herman, menampilkan kostum reog Ponorogo yang sangat indah. Akan tetapi, tak cuma Indonesia saja yang punya kostum nasional yang memukau. Seperti dilansir dari situs Missosology, ada beberapa kostum nasional yang juga memukau dan menjadi saingan berat Indonesia untuk menjadi Best National Costume.

1. Vietnam
Tahun ini, Miss Vietnam Universe 2013, Tru'o'ng Thi May. akan kembali menggunakan busana tradisional ao dai. Busana nasional asli Vietnam ini, memiliki keunggulan yakni dapat menonjolkan lekuk tubuh dengan rok panjang. 

Namun, Thi May menggunakan ao dai yang sudah dimodifikasi. Tambahan embroidery di beberapa bagian bajunya dengan motif bunga besar di bagian bawahnya terlihat sangat klasik, elegan dan mewah.

2. Rusia
Elmira Abrazakova, Miss Rusia Universe 2013, menggunakan busana yang super mewah. Baju ini ditambahkan dengan berbagai detail mewah seperti batu-batu berharga dan mutiara yang langsung dijahit ke bajunya.

3. China
Tahun lalu, China terpilih menjadi negara dengan kostum terbaik. Seolah tak mau melepaskan titelnya, tahun ini Miss China Universe, Jin Ye, memamerkan busana tradisional berwarna emas dan biru dengan sentuhan warna putih. Detail penuh embroidery menambah kesan mewah pada gaun pilihannya.

4. Swedia
Kostum nasional Swedia ini terlihat sangat berbeda dengan kostum lainnya. Tahun-tahun sebelumnya, Swedia menampilkan kostum landskapsdräkt. Namun, kostum yang digunakan Alexandra Friberg di tahun ini terlihat unik dan menghembuskan unsur maskulin yang pekat.

Ia terlihat bak seorang dewi perang, memadukan pakaian tempur abad pertengahan dengan tambahan rumbai di area bahu, korset abu-abu, dan rok ruffles cantik yang berpotongan pendek di depan serta menjuntai di bagian belakang. Mahkota kecil  yang tersemat di kepala dan pedang yang kuat di tangan menyempurnakan tampilannya.

5. Venezuela
Kostum ini mungkin terlihat sebagai kostum yang paling berwarna dan berkilau. Bagaimana tidak, Maria Gabriela Isler akan tampil bak Dona Barbara (sebuah karakter karya Romulo Gallegos). Memadukan gaya maskulin Dona Barbara, yang dikisahkan besar di peternakan. Sentuhan feminin pada gaun berhasil menyempurnakan busana secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com