Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2013, 06:35 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Wikinut

KOMPAS.com – Beberapa hari terakhir ini, beredar video di jejaring sosial media mengenai pencopetan yang terjadi di dalam sebuah mal. Video tersebut menunjukkan tiga orang wanita yang melakukan aksi “copet cantik” kepada seorang wanita yang lengah karena sibuk dengan handphonenya.

Kejadian ini terekam dalam video CCTV yang berdurasi 30 detik dan terjadi pada tanggal 3 November 2013 lalu di sebuah mal Jakarta. Jika tidak dilihat dengan seksama dan berulang-ulang Anda tidak akan menyadari betapa cepatnya aksi si “pencopet wangi” ini melakukan gerakan tangannya yang lihai.

Si pencopet utama, yang mengenakan tas hijau dan berkacamata, sudah mengincar si korban yang sedang berada ditengah-tengah area.

Saat si korban menuju ke suatu tempat antrian, si pencopet yang berpenampilan modis itu mengikutinya dari belakang seperti akan mengantri juga. Akan tetapi, dengan cepat ia menggerakkan tangannya untuk membuka tas si korban yang berada di samping kanannya.

Lalu, si pencopet  mengikuti kembali korban yang menuju keluar dan dengan sigap dua teman si pencopet, satu berbaju putih sebagai penadah hasil copetan dan satu berbaju garis hitam-putih sebagai pengalih perhatian.

Aksi pencopetan tidak hanya terjadi di daerah rawan kejahatan seperti terminal atau kendaraan umum, karena mal pun tak luput dari aksi pencopetan.  Kondisi mal yang bersih dengan pengunjung yang tampak modis, serta banyaknya penjagaan, sering membuat orang lengah terhadap keamanaan barang bawaannya.

Selain dompet, gadget seperti tablet pc, ponsel, atau laptop, merupakan barang-barang yang menjadi incaran kejahatan karena ukurannya yang kecil sehingga mudah berpindah tangan.

Menurut, seorang  humas sebuah mal di Jakarta yang tidak mau disebutkan namanya, biasanya pihak mal sudah mempunyai pengamanan khusus untuk menjaga seluruh lokasi,  termasuk mencegah pencopetan.

“Security mal juga biasanya berkeliling untuk melihat keadaan, bersiap diri kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk tentang aksi pencopetan,” paparnya.

Kejahatan memang tidak pernah mengenal tempat dan waktu. Terlebih lagi, saat musim liburan atau perayaan hari nasional, kondisi mal di Jakarta sudah pasti ramai akan pengunjung.

Nah, agar kejadian ini tidak terjadi pada Anda. Ada baiknya Anda lebih berhati-hati dan waspada. Anda tidak akan pernah mengenali ciri-ciri pencopet di dalam mal, karena biasanya mereka berpakaian sama rapi dan bersihnya seperti Anda.

Guna menghindari aksi pencopetan saat sedang berbelanja, coba Anda terapkan tips berikut, sebagaimana yang diulas oleh situs money.wikinut.com.

-  Jangan membawa sejumlah uang dalam jumlah besar di dalam dompet Anda terutama saat berbelanja.

- Tetaplah waspada saat membuka dompet Anda di tempat umum, “pencopet wangi” mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk melihat isi dompet Anda.

- Masukan dompet Anda ke bagian terdalam tas atau kantong kecil yang ada di dalam tas Anda.

- Jangan pernah lengah di dalam kerumunan antrian berbelanja. Karena, di saat-saat seperti itulah para pencopet akan melakukan aksinya.

- Waspadalah ketika akan pergi ke ATM bank yang ada di dalam mal, terutama jika Anda membawa uang tunai dalam jumlah besar.

- Jangan sibuk sendiri dengan gadget Anda tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Pencopet akan mengincar calon korban yang tampak lengah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wikinut
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com