Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2013, 13:33 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Bila Anda hobi mewarnai atau melukis di kuku, maka melakukan perawatan kuku adalah hal yang tak boleh lupa dilakukan. Selain perawatan di salon kuku, sebenarnya kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Meski awalnya tidak mudah, tetapi lama kelamaan akan terbiasa.

Untuk perawatan di rumah, cobalah lakukan dry manicure (yang tidak menggunakan banyak produk kuku tapi baik untuk kesehatan kuku), tetapi dengan kesabaran dan hati-hati dengan kutikula.

Selebriti manikur, Carla Kay memberikan lima tips untuk membantu melakukan perawatan manikur yang sempurna.

Jangan memotong semua kutikula

Kutikula berfungsi untuk melindungi kuku dari infeksi. Potong saja bagian kecil yang menjorok keluar. Kemudian oleskan sedikit alkohol dan gesekkan pada kuku sehingga minyak alami dari kuku Anda hilang dan kuku menjadi bersih.

Cobalah manikur kering

Mencoba teknik manikur kering dapat menghemat waktu Anda. Selain itu, memoleskan lotion dan juga minyak secara perlahan akan menghaluskan kulit dan membuat kulit yang berada di dasar kuku (nail bed) lebih cepat tumbuh.

Aplikasikan base

Selalu gunakan base coat yang mengandung keratin untuk mencegah kuku rapuh.  Pakailah sebelum memoles cat kuku.

Bersabarlah

Untuk mendapatkan kesehatan kuku, Anda harus bersabar. Terutama juga saat pada pengaplikasian cat kuku, biarkan base mengering, setelah itu Anda bisa menerapkan warna-warni cat kuku yang disukai.

Bermain dengan stiker kuku

Jika Anda tidak pandai melukis kuku Anda, cobalah bermain pada stiker kuku. Ada banyak warna cantik dan desain yang sesuai dengan suasana hati Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com