Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Padu Padan Perhiasan dan Baju Tradisional

Kompas.com - 07/11/2013, 12:21 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Baju dari kain tradisional seperti tenun, batik, dan lainnya memang terlihat sangat cantik. Apalagi jika dipadukan dengan perhiasan-perhiasan yang bergaya tradisional juga. Hanya saja, biasanya perhiasan ini sangat detail dan berukuran cukup besar. Dan rasanya agak sulit memadukannya dengan kain tradisional yang juga penuh dengan motif.

"Kelihatannya agak sulit memadukan perhiasan besar dengan kain bermotif besar juga. Tapi ini bukannya tak mungkin, ini bisa saja terlihat apik dan cantik,yang penting percaya diri," ungkap desainer Didiet Maulana kepada Kompas Female setelah konferensi pers "Romantika Nusantara" di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2013) lalu.

Menurut Didiet, memadukan perhiasan dengan baju sebenarnya cukup mudah. Anda tak perlu terlalu fokus dengan besar kecilnya motif busana dan ukuran perhiasan, karena yang harus jadi pusat perhatian adalah paduan warna perhiasan dan warna bajunya.

Jika Anda menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas maka pilih baju dengan tone warna yang hangat. Misalnya baju dengan warna merah, oranye, coklat dan lainnya. Namun jika Anda memilih untuk memakai perhiasan yang terbuat dari perak, maka pilih baju dengan tone warna yang dingin, seperti warna biru, ungu atau abu-abu.

"Padu padan perhiasan dengan busana yang tepat akan mengangkat warna dari busana Anda jadi terlihat lebih elegan," jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com