Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Plontos, Wanita Ini Menangi Kontes Kecantikan

Kompas.com - 09/11/2013, 14:46 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine

 

 

 

KOMPAS.com — Para jawara kontes kecantikan selalu identik dengan paras yang cantik dan rambut panjang yang indah. Namun, Angelica Galindez memberikan warna baru dengan membuktikan ia layak menyabet gelar juara meski berkepala plontos.

Galindez, berusia 19 tahun, terpilih sebagai Miss Philippines Earth USA. Tampil berbeda di antara para finalis lainnya dengan kepala yang plontos, Galindez tetap percaya diri.

Tampil plontos bukannya ingin berbeda, tetapi karena Galindez mengidap alopecia, yakni kondisi di mana daya tahan tubuhnya menurun dan menyebabkan ia kehilangan rambut. Pada banyak kasus yang sama, biasanya penyakit ini tidak permanen. Namun, sejak usia 12 tahun, ia sudah didiagnosis terkena alopecia dan tiga tahun berikutnya menjadi plontos sampai sekarang.

Ikut berkompetisi dalam Miss Philippines Earth USA sebenarnya bukan keinginannya. Kerabat dan keluarganya iseng mengirimkan foto Galindez yang sedang berpose mengenakan wig berambut panjang warna coklat pada Bradford Adkins, direktur Miss Philippines Earth USA. Seminggu sebelum kontes dimulai, ia lalu mengirimkan fotonya tanpa wig.

Adkins mengatakan, meski mengidap alopecia, Galindez tetaplah masuk kategori untuk menjadi salah seorang finalis.

"Saya memtuskan untuk ikut serta karena melihat ini adalah kesempatan untuk menunjukkan pada dunia bahwa perempuan seperti saya juga tak berbeda dengan wanita cantik lainnya," ujarnya.

Pada awalnya, dia akan merasa dilihat aneh dan janggal oleh kontestan lainnya. Namun, siapa mengira ia justru mendapat banyak dukungan dari para kontestan lainnya.

Setelah melewati beberapa fase penilaian, mulai dari national costume hingga baju renang, ia memperoleh nilai lebih sehingga dinobatkan sebagai Miss Philippines Water 2014, satu dari enam gelar dari Miss Philippines Earth USA yang diperebutkan. Pada April mendatang, ia akan ikut berlaga di ajang Miss Philippines Earth USA Nationals di Manila, Filipina.

Walau plontos, ternyata sehari-hari Galindez adalah seorang penata rambut. "Menjadi ironis karena rambut adalah hidup saya, sementara saya tidak punya rambut," ujarnya.

Meski tidak bisa bereksperimen dengan produk perawatan rambut, ia mengaku sangat senang bisa melakukannya untuk orang lain. Kemenangan Galindez tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk banyak orang yang sering menyangsikan kontes kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com