Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Salah dengan Boneka Barbie Jennifer Lopez

Kompas.com - 10/11/2013, 18:41 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Aktris dan penyanyi berdarah latin, Jennifer Lopez, dengan bangga mengumumkan boneka Barbie yang terinspirasi dari dirinya telah rilis di pasaran. Pernyataan ini diucapkan oleh penyanyi yang dikenal dengan singkatan J Lo lewat video promosi.

"Aku selalu menginginkan hidup di dunia Barbie, aku selalu ingin menjadi seperti Barbie," ujar Lopez dalam video yang ditayangkan bersamaan dengan dirilisnya boneka Barbie J Lo ke pasaran. "Menurutku, Barbie mencerminkan harapan dan kemungkinan yang tidak terbatas," sambungnya.

Namun, sayang sekali, rasa bahagia yang dirasakan oleh mantan istri Marc Anthony ini tidak bergulir lurus dengan tanggapan para penggemarnya. Bahkan, parahnya, Barbie Lopez malah menuai kontroversi, khususnya di jejaring sosial.

Alasan Barbie Lopez dikecam lantaran tidak merepresentasikan wujud "bahenol" sang artis, terutama bentuk bokong J Lo yang padat dan sensual digubah kerempeng dalam versi plastik. Bahkan, untuk menyoroti perbedaan yang mencolok tersebut, stasiun radio Aire de San Justo mengunggah foto J Lo berdampingan dengan Barbie dirinya pada laman Facebook.

Pada situs mikroblog, aliran komentar negatif terhadap Barbie J Lo sangat ramai dan menarik, salah satu di antaranya ditulis oleh pemilik akun bernama Michaela Chritensen, "Wajah Barbie memang mirip J Lo, tetapi tubuhnya kekurusan dan tidak memiliki fitur yang mewakili J Lo."

Ini bukan kali pertama Mattel, perusahaan yang memproduksi boneka Barbie, mendapatkan hujatan dan kecaman oleh publik disebabkan tubuh Barbie memiliki ukuran yang tidak realistis. Hal ini dianggap berbahaya dan dapat menyematkan pemikiran dalam benak anak-anak bahwa cantik itu seperti Barbie, kurus dan berambut pirang. 

Menanggapi polemik tersebut, pada awal tahun ini, Rehabs.com, mesin pencari pusat-pusat kesehatan mental, pernah menayangkan infografik yang menjelaskan bahwa anatomi Barbie benar-benar tidak masuk akal, yaitu leher Barbie dua kali lebih tinggi dan enam inci lebih kecil dari leher perempuan sesungguhnya. Jadi, apabila Barbie adalah perempuan asli, mustahil baginya untuk dapat mengangkat kepala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com