Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2013, 10:02 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Baru pertama kali wawancara kerja? Perasaan tegang, khawatir, semuanya campur aduk menjadi satu. Terlebih lagi jika belum punya pengalaman kerja sama sekali, tentunya itu membuat kepercayaan diri menurun.

Padahal, salah satu kesuksesan menghadapi wawancara kerja adalah raya percaya diri. Tumbuhkan rasa "pede" dalam diri dengan melakukan hal-hal ini:

Bersikap positif

Apa pun yang terjadi pada hari wawancara kerja, jangan memikirkan hal-hal yang berada di luar kendali Anda. Percayalah akan kekuatan pikiran positif!

Jelaskan apa yang Anda inginkan

Meski belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menjelaskan apa saja yang ingin diraih dalam sebuah pekerjaan, misalnya ingin terlibat dalam sebanyak mungkin projek sehingga pengalaman Anda akan bertambah. Menjelaskan target yang ingin diraih bisa memberikan gambaran kompetensi pada si pewawancara.

Berlatihlah

Meningkatkan keterampilan wawancara sama saja seperti halnya meningkatkan keterampilan apapun. Oleh sebab itu, berlatih merupakan satu-satunya cara yang mungkin bisa dilakukan. Cobalah cari tahu kira-kira pertanyaan apa yang akan diajukan pada saat wawancara kerja, lalu berlatihlah menjawabnya sehingga saat hari-H Anda lebih tenang.

Jangan meremehkan kekuatan mendengarkan

Wawancara bukan hanya menyampaikan hal-hal tentang diri Anda. Tapi juga menjadi kesempatan untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang pekerjaan dan perusahaan yang sedang Anda lamar. Karena itu jadilah pendengar yang baik.

Berjalan dengan percaya diri

Tidak hanya kemampuan Anda yang dinilai dalam wawancara kerja, tapi bahasa tubuh dan postur tubuh juga menandakan kepercayaan diri dan karakter seseorang. Berjalan, berjabat tangan, atau menjawablah dengan kalimat yang tertata dan suara yang jelas. Jangan lupa untuk tersenyum untuk menyembunyikan rasa gugup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com