Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2013, 12:44 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com — Selama ini kaum perempuan dianggap sebagai pihak yang paling sering berbohong saat bercinta, terutama dalam hal memalsukan orgasme. Tetapi menurut survei terbaru justru sebaliknya. Pria juga bisa memalsukan orgasme, bahkan sering melakukannya.

Survei yang dilakukan terhadap 1.200 pembaca The Sunday Telegraph Australia ini mengungkapkan, 23 persen pria mengakui pernah memalsukan orgasmenya. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan 20,6 persen perempuan yang melakukan hal serupa.

Hasil survei itu tak berbeda jauh dengan survei yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap 1.080 pria. Hampir satu dari empat pria mengatakan, mereka terkadang berpura-pura mencapai klimaks saat berhubungan seks.

Tetapi yang dipalsukan pria bukan sekadar orgasme. Survei di Australia menemukan pria juga terkadang berbohong saat mengatakan "I love you" ketika bercinta. Sebanyak 25,4 persen pria yang disurvei juga mengatakan berbohong mengenai perasaan mereka saat di tempat tidur, dibandingkan dengan 6,1 persen wanita.

Meski separuh dari responden mengatakan mereka juga sering berpura-pura sedang mood untuk bercinta, ternyata persentase terbesar justru pada pria, hampir 32,5 persen, sedangkan wanita hanya 19,9 persen.

Lantas, mengapa pria sering berbohong? Debby Herbenick, dari center for Sexual Health Promotion, mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkannya.

"Alasan pria untuk berpura-pura sama saja dengan alasan wanita. Antara lain untuk membantu ego pasangan, tak ingin melukai perasaan pasangan, atau supaya hubungan seks segera berakhir dan mereka bisa cepat tidur," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com