Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Venezuela Langganan Menang Kontes Kecantikan?

Kompas.com - 12/11/2013, 09:09 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber ABCNews,BBC
KOMPAS.com - Ini bukan kali pertama Venezuela memboyong mahkota Miss Universe. Faktanya, sampai saat ini, Venezuela sudah enam kali memenangkan kontes kecantikan sejagat ini.

Menyusul kemenangan Gabriela Isler sebagai Miss Universe 2013, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro menyempatkan diri untuk memberi selamat lewat Twitter. Lewat kicauannya ini ia menyebutkan prestasi Gabriela ini sebagai kemenangan untuk Venezuela.

Miss Venezuela pernah memenangkan kontes Miss Universe pada tahun 1979, 1986, 1996, 2008, 2009 dan 2013 yang dimenangkan oleh Gabriela Isler.

Tak cuma memenangkan kontes Miss Universe, ternyata Venezuela juga pernah membawa pulang mahkota kontes Miss World sebanyak lima kali. Kontes ini dimenangkan pada tahun 1955, 1981, 1984, 1991, 1995 dan 2011. Negara ini ternyata juga pernah lima kali menjuarai kontes Miss Internasional.

Kemenangan ini tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya, kok bisa ya Venezuela sering banget menang kontes kecantikan? Tak bisa dimungkiri kalau perempuan Latin memang punya wajah yang cantik. Tetapi Indonesia dan negara lainnya juga tak kalah cantik kok.

Ternyata selain cantik, Venezuela memiliki sekolah khusus untuk mendidik calon ratu-ratu kecantikan. Negara yang beribukota di Caracas ini memiliki Miss Venezuela Academy-nya sendiri. Setiap tahunnya sekolah kecantikan ini menerima ribuan perempuan yang diberi pendidikan dan pelatihan untuk menjadi juara kontes kecantikan.

Salah satu sekolah kecantikan ini adalah, La Universidad d La Belleza Gisselle milik Gisselle Reyes. Andrea Reyes, keponakan Gisselle Reyes, sang pendiri sekolah sekaligus mantan ratu kecantikan mengungkapkan bahwa bisnis sekolah ini adalah bisnis keluarganya.

Di sekolah ini, anak perempuan berusia 4-24 tahun diajarkan tentang modeling, berjalan di catwalk, make-up, dan kepribadian. Perempuan yang menjadi siswi di sekolah ini harus selalu menjaga kebersihan, memakai make-up natural dan juga memakai sepatu hak tinggi.

Mereka juga diharuskan rajin berolahraga di gym, menjaga pola makan, merawat diri, merawat gigi, bahkan bila perlu disarankan untuk operasi plastik. Maklum saja di negara ini operasi plastik sudah menjadi tradisi untuk membuat perempuan jadi terlihat lebih cantik dan sudah dianggap sebagai hal yang normal (khususnya operasi di payudara dan hidung).

"Saya mencoba untuk "memperbaiki" agar menjadi lebih feminin. Ini bisa dalam hal perbaikan kepribadian, atau public speaking," tambahnya. Selain itu, Andrea juga tetap mendorong para muridnya memiliki keterampilan sosial yang sama seperti kecantikan fisiknya.

Ironisnya, ternyata keinginan untuk menjadi seorang ratu kecantikan ini tak semuanya keinginan si anak. Orangtua di Venezuela sering mendorong anak perempuan mereka untuk mengikuti kontes kecantikan dan ditargetkan menjadi juara. Mereka berpendapat bahwa jika anak perempuan mereka berhasil memenangkan kontes tersebut, dia bisa menjadi selebriti atau tokoh masyarakat sehingga kehidupannya lebih terjamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com