Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2013, 13:36 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine


KOMPAS.com — Teh dan kopi merupakan minuman populer yang memiliki penggemar fanatiknya sendiri-sendiri. Meski keduanya sama-sama mengandung kafein dan bisa membuat kita lebih rileks setelah meminumnya, tapi sebenarnya teh lebih disarankan untuk dikonsumsi ketimbang kopi.

Menurut ahli diet dan nutrisi, Julie Upton, cukup banyak studi yang mengungkapkan khasiat teh, mulai dari menurunkan berat badan sampai mengembalikan mood. Selain itu ada alasan lain mengapa kita harus lebih sering minum teh daripada kopi.

- Lebih produktif
Minum teh hijau akan membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga kerja pun lebih produktif. Manfaat tersebut diperoleh dari kombinasi amino acidyang disebut L-theanine dan kafein di dalam teh yang menstimulasi produksi aktivitas otak.

- Lebih bahagia
Apa yang membuat Anda merasa bahagia? Melihat matahari tenggelam, dipuji oleh bos, atau membaca buku yang bagus. Menikmati teh juga membuat bahagia, karena L-theanine memicu hormon serotonin yang akan mendatangkan perasaan nyaman dan bahagia.

- Mengurangi berat badan
Adalah fakta bahwa mereka yang minum teh hijau tanpa gula memiliki tubuh yang lebih ramping. Rahasianya ada pada kandungan polifenol yang meningkatkan energi dan antioksidan catechin yang membantu metabolisme selama 24 jam. Setidaknya setiap orang yang minum teh hijau akan membakar 100 kalori.

- Membantu kesehatan tulang
Mencegah osteoporosis tidak hanya bisa dilakukan dengan rajin minum susu, tapi juga teh hijau.
Polifenol dalam teh akan meningkatkan produksi sel yang membentuk tulang. Antioksidan flavanol juga membantu kondisi tubuh selama masa menopause.

- Baik buat jantung
Teh diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Tambahkan sedikit madu jika ingin sedikit manis dan sajikan teh di sela kegiatan Anda untuk mendapatkan hidup sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com