Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2013, 11:04 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Berolahraga dengan wajah masih penuh riasan kerap kita lakukan karena biasanya kita baru punya waktu nge-gym setelah pulang kantor. Tentu lebih praktis jika kita langsung berolahraga tanpa perlu repot menghapus make up.

Tapi sebaiknya hal tersebut jangan dijadikan kebiasaan. Menurut Dr.Ava Shamban, ahli dermatologi, memakai make up saat berolahraga bisa menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah.

Jika riasan yang kita pakai tipis biasanya akan mudah terhapus oleh keringat. Tetapi riasan mata seperti maskara yang biasanya antiair (waterproof) bisa luntur dan masuk ke mata. Penggunaan make up yang tidak disarankan misalnya foundation, bedak padat, atau concealer.

"Saat berkeringat pori-pori wajah akan terbuka, tentu kita tidak ingin kesempatan kulit untuk bernapas jadi terganggu karena kita memakai make up tebal," kata Shamban.

Ditambahkan oleh Mally Steves Chakola, ahli kesehatan kulit, kosmetik dengan formula mikro dan mica bisa masuk ke dalam pori-pori dan memicu komedo atau iritasi kulit.

Shamban menyarankan agar kita menghapus make up sebelum mulai berolahraga. "Pilihlah pembersih muka yang tidak mengandung sulfate sehingga tak akan membuat kulit kering jika kita sering mencuci muka. Hindari juga produk yang mengandung parfum karena bisa menyebabkan peradangan pada kulit," katanya.

Di lain pihak, menurut Shamban keringat bisa membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. "Karena ada panas dan penguapan pada kulit, bahan-bahan yang menyumbat pori jadi lebih mudah dikeluarkan saat kita menggosok wajah ketika mandi setelah olahraga," paparnya.

Memakai pelembab sebelum berolahraga juga dinilai percuma karena bahan-bahan pelembab tidak dapat menyerap dan justru luruh bercampur dengan keringat dan bisa masuk ke dalam mata.

Penggunaan body lotion sebelum nge-gym juga bisa membuat tangan lengket. Pengecualian diberikan jika Anda berolahraga di luar ruangan, tentu sebaiknya pilih produk pelembab yang mengandung sunscreen.

Untuk menjaga kelembaban kulit, segera gunakan pelembab setelah mandi. Kemudian tunggulah agar tubuh menjadi dingin sebelum memakai make up.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com