Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Kecantikan Kulit Tubuh dengan "Si Kuning"

Kompas.com - 13/11/2013, 20:25 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com -
Tak ada perempuan yang ingin memiliki kulit kering, apalagi sampai bersisik. Mimpi saja pun pasti malas. Dari antara sekian banyak produk perawatan kulit, losion pelembab pasti jadi produk pilihan untuk mengatasi kekeringan di kulit.

Sudah coba beragam produk tapi kulit masih saja kering (terutama di bagian siku tangan)? Apakah sebelumnya Anda pernah menerapkan metode alami yang murah meriah ? Mudah kok, yaitu dengan memanfaatkan khasiat buah pisang!

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacognosy Phytochemistry mengungkapkan bahwa daging buah pisang mengandung banyak vitamin C yang berfungsi sebagai agen penyembuh. Sedangkan bagian kulitnya, mengandung banyak senyawa antibiotik dan antijamur.

Kedua bagian dari pisang ini merupakan cara alamiah untuk menghilangkan kekeringan kulit. 

1. Buah
Kandungan vitamin C dari buah pisang yang matang sangatlah tinggi. Dapat melembabkan kulit, melembutkan dan menjadikannya lebih kenyal.

Caranya, haluskan pisang sampai benar-benar lembut. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang kering. Setelah 5-10 menit, bersihkan olesan pisang ini dengan menggunakan air hangat. Tambahkan satu sendok makan madu untuk meningkatkan efektivitasnya. 

2. Kulit
Kalau malas membuat masker pisang sendiri, Anda juga bisa menggunakan bagian kulitnya saja. Dr Andrew Ordon pembawa acara TV The Doctor, menyarankan agar kulit tubuh Anda terjaga tingkat kelembabkannya, cobalah gosokkan kulit pisang ke bagian kulit tubuh yang kering dengan gerakan melingkar selama beberapa saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com