Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajinan Khas Indonesia Disukai Kontestan Miss Universe 2013

Kompas.com - 14/11/2013, 10:08 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 

KOMPAS.com - Ketika bertandang ke Rusia untuk mengikuti karantina pemilihan Miss Universe 2013 selama tiga pekan, Puteri Indonesia Whulandary Herman juga membawa berbagai makanan dan kerajinan khas Indonesia. Ternyata, barang-barang tersebut banyak diminati para kontestan lain.

Whulan yang memang berdarah Padang ini mengaku "jiwa dagangnya" muncul selama berada di Rusia karena banyak yang ingin membeli barang-barang khas Indonesia. "Saya bisa menjual kue kuping gajah dan selendang sulaman dengan mudah dan dibayar dengan dollar AS," katanya saat ditemui di Graha Mustika Ratu Jakarta, Rabu (13/11/13).

Ia bercerita, pada awalnya para kontestan lain tertarik dengan baju-baju hasil rancangan desainer Indonesia yang ia pakai. Gaun rancangan Anaz Khairunnas adalah salah satu yang laku terjual dan dibeli oleh Miss Muaritius. Demikian juga dengan selendang sulaman yang banyak dilirik kontestan lain.

Selain itu makanan khas Indonesia seperti keripik dan rendang juga banyak peminatnya. "Keripik balado yang saya bawa dibeli Miss Israel sampai 10 kantong dan Miss Filipina dua kantong," ceritanya senang.

Whulan memang sengaja membawa barang-barang asli Indonesia untuk memperkenalkan keragaman budaya ke mancanegara. Ia antara lain membawa miniatur jam gadang, komodo, candi boroboduru, rumah gadang, dan juga reog.

"Setidaknya saya bisa menunjukkan pada mereka bahwa Bali itu ada di Indonesia, bukan sebaliknya. Mereka juga bisa mengerti bahwa kita punya banyak tempat wisata yang bagus selain Bali," katanya.

Larisnya barang-barang kerajinan yang dibawa Whulan juga menjadi pengikat emosional dengan kontestan lain dari 87 negara. Meski mereka sebenarnya saling berkompetisi tapi ternyata Whulan mendapatkan banyak sahabat baru selama menjalani masa karantina.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com