Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2013, 16:05 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bersih, Anda harus rajin mencuci rambut. Hanya saja, mencuci rambut sebenarnya tak semudah menuang sampo, pijat sampai berbusa dan bilas. Cara ini hanya membersihkan rambut, tapi tidak membuat ‘mahkota’ Anda menjadi indah dan bersinar.

Tetapi, jika Anda menginginkan rambut yang berkilau dan kulit kepala bersih, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain pemilihan sampo yang tepat, air dingin yang murni tanpa mineral juga berkhasiat untuk keindahan rambut. Selain itu, pijatan kepala dan penggunaan kondisioner yang tepat, dipercaya dapat menguatkan akar rambut.

Nah, hal lain yang lebih penting adalah mencuci rambut sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki!

Rambut berminyak

Minyak diproduksi kulit kepala untuk menjaga kelembaban rambut, sebenarnya ini bagus untuk rambut Anda. Tetapi, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan, dapat mengakibatkan rambut jadi lepek.

Apabila rambut Anda berminyak, sebaiknya cuci rambut secara teratur. Idealnya, Anda harus mencuci rambut setiap dua kali sehari. Gunakan sampo yang lembut untuk membersihkan rambut dan menghilangkan minyak. Namun, pastikan seluruh formulanya tetap lembut dan seimbang untuk pH kulit kepala Anda.

Sampo dengan formula yang terlalu keras, akan membuat kulit kepala menghentikan produksi minyak dan membuat rambut jadi kering.

Rambut kering

Kebalikannya dengan rambut berminyak, rambut kering tidak memiliki produksi minyak yang cukup. Karena produksi minyak yang kurang dari cukup, folikel rambut akan terbuka dan menyebabkan serat kapiler di kepala jadi kasar. Ini sebabnya, Anda harus memilih sampo yang mengandung banyak pelembab dan nutrisi, agar proses keramas menghasilkan tampilan yang maksimal, yaitu rambut bersih dengan sempurna.

Jika tipe rambut Anda sangat kering, gunakanlah masker rambut khusus rambut kering sebagai sampo. Oleskan pada rambut dalam kondisi setengah kering, sembari diberikan pijatan ringan untuk memperlancar perederan darah.

Kemudian,  diamkan beberapa saat, lebih kurang 15 – 30 menit, selanjutnya  gosok sampai berbusa,  akhiri dengan dibilas sampai bersih. Hal lain yang perlu diperhatikan, masker perlu dibilang dengan seksama dan berulang kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com