Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2013, 18:22 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Di Jepang, budaya minum teh disebut dengan cha no yu, yaitu ritual dalam menyajikan teh untuk tamu. Di Inggris, dikenal adanya tradisi afternoon tea untuk para bangsawan, teh yang disajikan dicampur dengan susu. Sementara teh yang dikonsumsi dengan es batu atau air dingin populer di Amerika.

Selain tiga negara tersebut di atas, ternyata tiap negara lainnya juga memiliki budaya minum teh dengan cara yang unik dan variatif. Ada yang disajikan dengan kayu manis, daun mint, sampai pecahan telur ayam di dalamnya.  

Teh berasal dari Tiongkok, tapi pada saat masuk ke negara lain teh diadaptasi menurut tradisi atau budaya setempat. Kita pasti sering mendengar afternoon tea dari Inggris, tapi saya yakin masih banyak masyarakat yang kurang familiar dengan budaya minum teh di Maroko dan Rusia yang sangat unik," ujar Ratna Somantri, pendiri Komunitas Pecinta Teh dan penulis buku Kisah dan Khasiat Teh, pada acara Media Briefing dan Tea Ceremony bersama Gunung Subur di Moe’s Place Resto, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Ratna pun mengisahkan budaya minum teh di Maroko. Ternyata, proses penyeduhan teh di negeri seribu benteng ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan negara-negara lain, yakni sekitar lima menit. Teh harus melalui tiga kali proses penyeduhan untuk mendapatkan rasa yang pas menurut lidah orang Maroko. Dan, jenis teh yang paling digemari adalah teh hijau beraroma mint.

Lain halnya dengan di Indonesia, penyajian teh identik dengan teko kendi yang dipercaya bisa menghasilkan rasa teh paling nikmat. Seperti cara penyajian teh di Solo, yang diberi nama teh oplosan.

“Teh oplosan atau bahasa kerennya blended tea ini mencampurkan tiga jenis teh melati. Kenapa tiga? Karena untuk mendapatkan rasa dan aroma yang sempurna, dan itulah kebiasaan minum teh di Solo,” Ratna menjelaskan lebih lanjut.

Menurut Ratna, budaya minum teh di Indonesia beragam dan sangat banyak. Jadi, sangat disayangkan apabila masyarakat Indonesia tidak melestarikan dan bangga meminum teh hasil buatan negeri sendiri.

“Indonesia merupakan penghasil teh terbaik nomor delapan di dunia. Dan, kebanyakan teh yang dijual oleh merek luar juga mengambil teh dari Indonesia. Teh Indonesia dikenal nikmat dan terbaik karena kita adalah negara tropis,” paparnya.

Jadi, tak perlu malu dan gengsi dong bangga dengan produk teh hasil Tanah Air?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com