Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2013, 10:17 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Diva Asia

Kompas.com - Tampil stylish dan profesional ke kantor bisa didapat bukan hanya lewat busana konservatif seperti blazer dan rok. Anda juga bisa menunjukkan antusiasme bekerja melalui padu padan busana yang chic dan kasual, tapi tentu saja harus disesuaikan dengan bidang kerja pekerjaan.

Jenny Lie, seorang image consultant menjelaskan, meski kita termasuk orang yang mengikuti tren fashion tetapi tidak semua cocok dikenakan ke kantor. Misalnya motif animal print tentu tidak cocok untuk dipakai jika perusahaan Anda termasuk konservatif, atau busana berpotongan terlalu ketat yang terlalu beresiko untuk dipakai ke kantor.

"Busana dengan corak macan tutul terlalu mencolok, jadi bisa disiasati dengan motif zebra. Sementara itu atasan berpayet lebih cocok untuk acara malam hari dengan teman. Meski begitu jika kedua busana itu dipadukan dengan celana panjang hitam, kesannya langsung berubah jadi lebih profesional," katanya.

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang "bling" pada penampilan, mengapa tak mencoba memilih sepatu dengan aksen payet atau bebatuan.

Lie menambahkan, sebenarnya pantas tidaknya suatu busana dikenakan untuk bekerja sangat bergantung pada jenis industri pekerjaan. Anda yang bekerja di bidang kreatif atau IT biasanya memiliki gaya berpakaian kerja yang lebih kasual, misalnya memakai celana jeans atau celana bermotif terang.

Sementara itu jika Anda bekerja di bidang keuangan, bank, atau bidang legal, maka penampilan yang formal dan klasik adalah suatu keharusan.

Selain itu, profesi kita juga berpengaruh pada apa yang pantas dan tidak pantas untuk dipakai ke kantor. "Seseorang yang harus sering bertemu klien harus lebih berhati-hati memilih busana dibanding dengan mereka yang bertugas di bagian call centre," kata Sharon Connolly, image consultant.

Untuk Anda yang mengenakan hijab, dapatkan kesan elegan dan chic dari outwear seperti jaket, blazer, dan cape. Seimbangkan gaya berbusana yang cenderung rampai dengan pemakaian bentuk jilbab yang klasik dan sederhana.

Berikut beberapa tip padu padan busana untuk menjadi panduan:

- Hindari busana berpotongan terlalu pas di badan. Jika Anda ingin memakainya, pilih dengan potongan yang konservatif dan tidak terlalu ketat dan pastikan tali bra Anda tidak terlihat.

- Jangan gunakan terlalu banyak aksesoris agar Anda tidak terlihat seperti habis pesta.

- Sebaiknya jangan menggunakan kaos T yang terlalu biasa karena akan memberi kesan malas. Di beberapa perusahaan, terutama bank dan keuangan kaos sama sekali tidak diperbolehkan, bahkan di hari Jumat. Tetapi di perusahaan yang tidak mengharuskan untuk bertemu klien seperti IT atau perusahaan riset, kaos masih diperbolehkan. Meski begitu pilih kaos polos dan hindari kaos dengan tulisan-tulisan konyol.

- Jika ingin tampil kasual dengan kaos, padankan dengan blazer dan gunakan kalung yang sedikit besar.

- Kemeja putih polos bisa menjadi penyelamat jika Anda sedang bingung memilih pakaian. Padankan dengan rok bercorak atau celana hitam yang elegan. Sebagai alternatif, pilih kemeja putih yang cukup panjang, kenakan dengan rok mini dan belt hitam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com