Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2013, 13:09 WIB

KOMPAS.com — Suka mencari perhatian, emosi meledak-ledak, dan egois adalah beberapa ciri "Si Lebay". Mereka sebenarnya adalah seorang drama queen yang kerap melakukan apa saja untuk kepentingan dirinya tanpa peduli apakah tindakan atau ucapannya menyakiti dan merugikan pihak lain.

Untuk menghadapi "Si Lebay", Anda harus mengenali ciri-cirinya berikut ini.

- Kenali
Mengenali ciri-ciri seorang drama queen bisa menjadi bekal menghadapi tingkahnya. Ciri utama, biasanya sosialisasinya sangat bagus dan suka bergaul, tapi manipulatif, suka melebih-lebihkan, self-centered, egois, dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Setelah mengenal ciri-cirinya, kini Anda sudah siap untuk mengantisipasinya.

- Bukan budaknya
Drama queen sangat pintar menimpakan kesalahan ke orang lain ketimbang menghadapi masalah sendiri. Jadi, bukan tugas Anda untuk mengatasi masalah yang ia hadapi. Jangan pernah membantunya memecahkan masalah. Pasalnya, sekali Anda membantunya mengatasi masalah, ia akan selalu mengandalkan Anda dan lama-kelamaan, Anda akan merasa seperti budaknya.

- Mencoba berbagai cara
Prinsipnya harus selalu mendapat apa yang mereka mau. Jika cara biasa tak mempan, segala cara akan dicoba, termasuk memulai perang dengan Anda.

- Selalu emosional
Jangan heran jika Anda mendapatinya selalu emosional setiap kali tidak mendapatkan apa yang mereka mau. Jadi, langkah terbaik adalah mengacuhkannya. Jauhi, dan jangan pernah membiarkan diri Anda kembali ke dalam permainannya. Jika ia menyerang Anda secara verbal, katakan saja, "Terserah deh!"

- Katakan tak suka
Sampaikan kepada si drama queen bahwa Anda tidak akan pernah menoleransi perilakunya yang lebay atau Anda akan memutuskan hubungan jika ia tetap bertingkah lebay.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com