Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada yang Sempurna di Dunia, Tak Terkecuali Barbie

Kompas.com - 15/11/2013, 18:17 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
— Selama ini boneka Barbie digambarkan sebagai karakter fiktif yang menggambarkan kesempurnaan, cantik, dan langsing, sehingga membuat banyak perempuan terobsesi untuk memiliki tampilan fisik seperti Barbie. Salah satunya adalah Valeria Lukyanova dari Ukraina, yang rela menjalankan serangkaian operasi plastik untuk menjadikan dirinya seperti Barbie.

Karena menciptakan boneka dengan bentuk fisik dan kecantikan yang tidak realistis, Mattel, perusahaan produsen boneka Barbie, mungkin sudah "kenyang" menerima kritikan keras dari publik. Menurut mereka, kehadiran Barbie cuma menciptakan pemikiran "dangkal" pada manusia mengenai pentingnya memiliki bentuk fisik sempurna.

Untuk mematahkan tolok ukur kecantikan versi Barbie ini, seorang pengguna Reddit, salah satu situs berbagi foto, mengunggah foto Barbie yang natural tanpa make up. Aha… ternyata si boneka sempurna tersebut juga memiliki kekurangan lho. Barbie pun memerlukan produk kosmetik untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajahnya.

Tak ayal foto tersebut mengundang banyak komentar dari para pembaca Reddit. "Rambutnya sangat kacau, memiliki kantong di bawah mata, dan garis senyum yang tebal di wajahnya," tulis salah satu komentator.

Komentator lainnya menuliskan, tampilan Barbie menggambarkan bahwa ia memiliki kehidupan yang keras. Foto sisi lain Barbie ini bukanlah yang kali pertama beredar di dunia maya. Tahun lalu juga pernah beredar foto Barbie tanpa lipstik merah muda, eye shadow biru, eye liner, maskara, pensil alis, blush on, dan pastinya tanpa kerutan, serta garis senyum khas nan manis.

Saat itu Barbie digambarkan berwajah pucat, berkantong mata, dan memiliki garis senyum yang tebal. Tak sampai di situ, parahnya lagi, bulu mata digunting menjadi pendek dan mengenakan kawat gigi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com