Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2013, 07:30 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com - Menyajikan masakan istimewa untuk keluarga sebenarnya tak terlalu merepotkan. Mencoba resep steak daging sapi bisa menjadi pilihan yang tepat dan mudah.

Steak dikenal sebagai salah satu makanan asal Eropa yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Untuk membuatnya yang Anda perlukan adalah daging sapi berkualitas tinggi.

Menurut Wynda Mardio, pemilik restoran Steak Hotel by Holycow, dalam memasak steak yang paling penting dagingnya bagus dan segar.

"Karena ini makanan asalnya dari western tentu dagingnya pun sebaiknya diambil atau beli yang asalnya dari luar juga. Karena kalau pakai daging lokal kurang pas dan biasanya daging lokal itu jadinya keras," tuturnya disela acara pembukaan gerai restoran baru TKP Holycow di BSD, Tanggerang, Kamis (14/11/2013).

Membuat steak itu gampang-gampang susah karena saat pengolahan daging tidak boleh kena air agar tak teroksidasi. Jadi, saat membersihkan daging sebaiknya menggunakan tisu dapur yang khusus.

"Kalau beli di supermarket biasanya keadaannya masih fresh dan bisa langsung dipanggang. Tapi ada juga beberapa orang yang masih kurang yakin akan kebersihannya maka bisa dibersihkan lagi menggunakan tisu dapur. Dan yang paling penting jangan sampai daging kena air karena akan membuat warna dagingnya nanti berubah," sarannya.

Selain pemilihan daging, saat proses penggunaan alat untuk memanggangnya pun harus benar. Proses memanggang daging bisa menggunakan alat panggang seperti oven, grill, pan, atau microwave.  Teknik pemakaian alat panggang akan berpengaruh pada rasanya.

"Yang paling bagus memang menggunakan grill, tapi gak mungkin juga semua orang punya grill kan. Nah pakai pan yang bertekstur garis-garis itu juga bagus dan rasanya seimbang," jelas Wynda.

Tingkat kematangan dalam memanggang daging juga perlu diperhatikan. Ada tiga tingkat kematangan daging steak, yaitu medium, medium-well, dan well-done. Untuk medium dibutuhkan waktu selama tiga menit, sementara untuk yang medium-well dibutuhkan waktu sekiranya 4 - 5 menit. Sedangkan pemasakan yang well-done diperlukan waktu sebanyak 6 - 7 menit.

"Setiap orang mempunyai selera sendiri dalam menikmati steak dengan tingkat kematangan sesuai selera. Tapi steak itu paling enak kalau dalam kondisi medium-well, karena juicy dalam daging masih terasa," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com