Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2013, 08:22 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

KOMPAS.com — Beruntunglah orang-orang yang humoris dan bisa melihat sesuatu dari sisi positif karena mereka dapat terhindar dari bahaya buruk stres. Bukan hanya itu, seseorang yang bisa menertawakan diri sendiri ketika ia membuat kesalahan sebenarnya adalah ciri-ciri orang yang optimistis dan mood-nya dapat terjaga dengan baik.

"Saat seseorang bisa menertawakan dirinya sendiri, di saat yang sama ia memaafkan dirinya atas kesalahan," ujar Susan Sparks, penulis buku Laugh Your Way to Grace. Dia menambahkan, saat kita memaafkan diri sendiri kita juga cenderung mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Sebenarnya kita bisa mencontoh sikap-sikap tersebut dari beberapa publik figur yang kerap bisa menunjukkan karakter mereka yang menyenangkan.

Di antaranya ada Jennifer Lawrence. Aktris yang akan mengeluarkan film terbarunya The Hunger Games: Catching Fire ini pernah terjatuh saat maju ke atas panggung menerima penghargaan Oscar. Dalam pidato kemenangannya, ia malah mengatakan, "Para pria ini justru berdiri saat saya jatuh, dan itu sangat memalukan, tapi terima kasih,". Dan semua tamu undangan yang hadir tertawa.

Lalu ada Elizabeth Gilbert. Penulis buku Eat Pray Love ini pernah dikritik oleh New York Times. Katanya novel tersebut sebagai bentuk upaya menyenangkan diri sendiri dan filmnya pun tidak begitu bagus.

Gilbert malah menjawab, dirinya tidak terlalu mengambi hati kritikan yang masuk. "Saya anggap seperti melempar granat saja," ujarnya bercanda. Ia malah terus menulis dan merilis sekuel berjudul Committed. Ia mengatakan, apa pun yang orang katakan tentang buku tersebut, ia akan terus melangkah.

Madonna, penyanyi serba bisa, di sepanjang kariernya pernah membuat kesalahan dan tak lepas dari kritikan. Kata dia, "Saya kadang menertawakan diri sendiri, tidak akan menganggap kritik atau sesuatu menjadi beban. Dan ini menjadi penting, rasanya setiap orang mestinya bisa melihat sesuatu dari kacamata yang positif, terutama pada diri sendiri."

Hillary Clinton, Menteri Luar Negeri AS ini juga dikenal dengan sifatnya yang mudah tertawa. Orang-orang di sekitarnya pun melihat wanita ini sebagai orang yang ramah dan cerdas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com