Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Rambut Lebih Sehat, Perhatikan Cara Keramas

Kompas.com - 16/11/2013, 18:38 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan jenis sampo yang tepat dan frekuensi mencuci rambut pasti memengaruhi kesehatan dan keindahan rambut. Namun tak cukup hanya itu, cara Anda keramas pun juga memangaruhi keindahan rambut.

Salah besar jika Anda menyangka bahwa cara keramas tidak ada pengaruhnya dengan keindahan rambut. Cara keramas yang tidak tepat akan membuat rambut jadi kusut dan mudah patah. Begini cara keramas yang tepat.

1. Mulailah dengan membasahi rambut Anda di bawah shower atau dengan dengan mencelupkan rambut ke dalam air.

2. Kemudian tuangkan sampo ke telapak tangan Anda. Beri sedikit air dan gosok sampai berbusa. Usapkan merata ke seluruh rambut.

3. Beri sedikit air di kepala, gosok sampai berbusa. Beri pijatan ringan di kepala untuk memberi Anda rasa nyaman dan rileks. Beri tekanan lebih pada daerah-daerah tertentu. Mulailah memberi tekanan di sisi samping kepala dengan menggunakan jari-jari. Kemudian bergeraklah ke bagian bawah kepala dan juga leher untuk mengaktifkan mikrosirkulasi peredaran darah Anda.

4. Bilas sampai bersih. Kemudian beri setetes atau lebih sampo ke atas kepala untuk proses pencucian rambut yang kedua.

5. Lakukan hal yang sama, kemudian bilas lagi dengan menggunakan air hangat. Bilas sampai benar-benar bersih dan kesat.

6. Selesaikan proses ini dengan membilas rambut menggunakan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menutup folikel rambut dan membuatnya lebih bersinar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com