Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2013, 22:08 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Ketika akan ada sebuah acara perayaan atau acara keluarga, kebiasaan kaum perempuan akan diet mati-matian guna menurunkan berat badannya. Itu karena, agar di hari penting tersebut mereka dapat tampil lebih menarik dan langsing.

KOMPAS.com – Saat menjelang perayaan besar atau sekadar acara keluarga, umumnya disambut oleh kaum perempuan dengan melakukan diet, agar di hari H penampilan mereka semakin menarik dengan ukuran tumbuh nan meramping.

Nah bulan depan, tepatnya tanggal 25 Desember, segenap umat kristiani akan merayakan Hari Raya Natal, yang biasanya dilalui dengan berkumpul bersama keluarga sembari menikmati rangkaian hidangan istimewa yang menggugah selera. Hati-hati, ingat jangan sampai berat badan melonjak, gara-gara kalap melahap sajian natal sehari penuh.

Meskipun memahami ‘prahara’ dilematis yang berkaitan dengan ritual makan di hari Natal, tidak menghalangi usaha perempuan agar tampil memikat di hari besar tersebut. Menurut survei yang dilakukan oleh George dari Asda mengungkapkan, sebanyak 62 persen perempuan merasa wajib terlihat langsing pada hari Natal, alasannya karena ingin mengenakan busana cantik dan gaya, saat berkumpul dengan keluarga dan saudara.

Tak tanggung-tanggung mereka pun memulai diet satu bulan sebelum Natal, tepatnya di bulan yang sedang berjalan ini, November!

Lebih dari setengah responden, 52 persen, memiliki target pengurangan berat badan minimal 4 kilogram. Sisanya, sekitar 10 persen mengaku bersyukur dengan penampilan mereka apa adanya.

Dalam urusan belanja, persiapan yang dilakukan oleh perempuan pun tergolong total. Bayangkan saja, hampir 73 persen responden perempuan mengaku membeli sebanyak 15 gaun, sebagai pilihan untuk dikenakan saat Natal tiba. Gaun berwarna hitam atau little black dress diakui sebagai jenis busana favorit perempuan di hari Natal.

Bahkan untuk memotivasi program diet ini, sepertiga responden perempuan membeli busana berukuran lebih kecil dari tubuh mereka. Harapannya diet berjalan sukses, dan busana tersebut dapat mereka kenakan dengan nyaman.

Ternyata diet dadakan yang dilakukan secara musiman ini, menurut survei terkait disinyalir bisa membahayakan kesehatan perempuan, dan diet terlalu ketat bisa membuat kulit menjadi kusam.

Padahal diet musiman seperti ini, sama sekali tidak disarankan oleh para ahli gizi. Alasannya, karena diet merupakan gaya hidup yang harus diterapkan sepanjang waktu. Menurut mereka diet jangka pendek, justru mampu melambungkan berat badan lebih tinggi dari sebelum memulai diet.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com