Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Cemas Pasangannya Kecewa dengan Ukuran "Mr P"

Kompas.com - 18/11/2013, 15:32 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 
KOMPAS.com — Meski pria sering dianggap sebagai makhluk yang tangguh dan perkasa, nyatanya mereka selalu menyimpan rasa tidak percaya diri, terutama seputar masalah "kejantanannya". Banyak pria merasa kurang puas dengan ukuran penisnya dan takut mengecewakan pasangannya.

Hal tersebut dikuatkan oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine. Mayoritas pria ternyata merasa cemas dan malu dengan ukuran penis mereka yang dianggapnya terlalu kecil.

"Ini sebenarnya tidak mengejutkan karena pria memang punya perasaan emosional terhadap ukuran kelamin mereka. Ini seperti ketidakpuasan mereka terhadap bagian tubuh lainnya, misalnya dada yang kurang bidang atau perut tidak six pack," kata David Veale, psikiater di Kings College London.

Sebuah studi lain yang diterbitkan pada bulan April 2013 menunjukkan, wanita lebih menyukai pria yang memiliki alat vital berukuran besar atau setidaknya berukuran 8 cm saat tidak ereksi. Ukuran ini menjadi prioritas ketertarikan seorang wanita selain tinggi badan.

Tak heran jika pria merasa ketar-ketir dan tidak percaya diri dengan ukuran penisnya. Mereka takut jika pasangan mereka kecewa dan kemudian meninggalkannya.

Studi yang dilakukan Veale di Inggris melibatkan 173 pria yang ditanya mengenai bentuk tubuh, masalah ereksi, dan perhatian mereka terhadap ukuran penis. Hampir 46 persen responden setuju untuk diukur alat vitalnya dalam kondisi tidak ereksi.

Hampir 30 persen pria mengaku tidak puas dengan ukuran penis mereka, 35 persen lainnya merasa bahagia dengan apa yang dimiliki, dan sisanya antara bahagia dan tidak.

Berapa ukuran penis yang termasuk normal, sebenarnya hal ini berbeda pada setiap ras. Dalam pengujian yang dilakukan Veale, 7-18 cm saat kondisi diam dan 10-20 cm saat ereksi. Seorang pria tergolong memiliki penis kecil jika ukurannya 7-13 cm dalam kondisi diam dan 9-17 cm saat ereksi.

"Persepsi pria terhadap ukuran penis mereka juga didasari oleh pengalaman atau trauma di masa lalu. Mungkin mereka pernah dicemooh mantan atau teman saat ada di kamar ganti. Selebihnya, ketakutan ini tidak perlu ada karena besar kecilnya ukuran bukanlah masalah besar dalam hubungan atau seks," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com