Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kenikmatan Teh Maroko Terdapat pada Cara Pembuatannya

Kompas.com - 19/11/2013, 10:05 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Cara menikmati minum teh di tiap negara memiliki ritual yang berbeda-beda. Di Maroko, teh dibuat dengan proses penyeduhan yang berulang-ulang, sampai menghasilkan aroma teh yang sesuai dengan citarasa dari negara bekas jajahan Perancis ini.

Tak jauh berbeda dengan di tanah air, masyarakat Maroko pun juga gemar sekali minum teh. Bagi mereka, budaya minum teh merupakan simbol keramah-tamahan masyarakat yang beradab.

“Sama seperti di Indonesia, di Maroko setiap tamu yang datang ke rumah pasti disuguhkan teh. Minuman hangat ini menjadi sajian andalan bagi setiap ibu untuk dihidangkan kepada tamu yang bertandang ke rumah mereka,” ujar Ratna Somantri, pendiri Komunitas Pecinta Teh saat bertemu KompasFemale beberapa waktu silam.

Selain proses penyeduhan teh Maroko yang membutuhkan beberapa tahapan, tapi juga memerlukan piranti khusus. Menurut Ratna, salah satu piranti paling penting dalam pembuatan teh Maroko adalah teko yang memiliki moncong panjang dan pipih.

"Biasanya mereka menggunakan teko ini, dan mengangkatnya tinggi-tinggi saat proses penyeduhan. Aliran air yang mengalir dari teko menuju cangkir, akan menghasilkan gempulan asap, dan disitulah keunikannya,” jelas Ratna menambahkan.

Lalu bagaimana sih, cara pembuatan teh Maroko yang sedap itu? Jadi, langkah pertama isi teko dengan daun teh dan air mendidih secara proporsional, lalu digoyang-goyangkan. Kemudian, air teh diseduh kembali, tapi kali ini air yang ada di dalam teko dibuang, untuk digantikan dengan air panas yang baru, begitu seterusnya hingga minimal tiga kali proses penyeduhan.

Setelah mendapatkan citarasa yang diinginkan, air teh dituang ke salah satu cangkir yang berbentuk mungil dan ramping, lengkap dengan ukiran halus khas Maroko yang menyelusuri bagian samping cangkir.

Jenis teh yang digemari warga Maroko adalah teh hijau yang beraroma mint, kebetulan daun mint  memang tumbuh subur di tanah Maroko, sehingga mereka begitu akrab dan menyukai aroma kesegaran dari daun mint.

Menyajikan teh daun mint tidak berbeda dengan teh lainnya, bedanya hanya pada tahapan penyeduhan ke dua, daun mint ditebarkan ke dalam teko bersama gula secukupnya

“Gula yang digunakan oleh warga Maroko untuk menyeduh teh bukanlah gula pasir, melainkan gula batu. Menurut mereka rasanya lebih nikmat,” imbuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com